Machine Learning Crash Cource (MLCC) di Indonesia

Sumber Gambar : https://developers.google.com/machine-learning/crash-course/

Machine learning menjadi sebuah perubahan dibidang IPTEK yang sedang dikemabngkan oleh negara-negara modern. Karena, seiring berjalannya waktu, otomatisasi (masa depan) itu selalu berkembang dan berubah seiring waktu. Otomatisasi manusia misalnya, dapat membuat segala sesuatu lebih efisien dan memudahkan manusia untuk melakukan sesuatu tanpa adanya hambatan berlebih. Google, salah satu perusahaan teknologi di dunia, mengembangkan inovasi terbarunya yaitu Machine Learning Crash Course atau biasa disebut MLCC. MLCC ini dapat membantu manusia untuk menjalankan kehidupannya lebih baik dan juga mudah. Seperti menyortir file-file yang sudah tidak digunakan untuk direkomendasikan agar di hapus atau tidak, dan masih banyak lagi.

Google juga melatih lebih dari 100.000 google developers di Indonesia untuk mengembangkan teknologi machine learning ini. Agar dapat membantu keseharian masyarakat Indonesia lebih baik. MLCC sendiri juga merupakan bagian dari “Learn Google with AI” yang artinya serangkaian sumber daya yang dikumpulkan dalam bentuk online course yang didalamnya terdapat informasi lengkap mulai dari tutorial menggunakan machine learning sampai ke penerapan machine learning pada dunia nyata, hingga seorang programmer dapat memahami bagaimana Artificial Intelligence bekerja dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kini, MLCC sudah dapat digunakan oleh kalangan masyarakat Indonesia dan pastinya, tidak dipungut biaya apapun.

Pada Kamis (6/12) kemarin, MLCC di launching di Jakarta oleh William Florance sebagai Global Head, Developer Training Google. Beliau juga memberikan sepatah dua kata perihal program yang sudah dicapai selama ini agar dapat menarik perhatian segala kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam program ini. Tujuannya agar menjadi sebuah wadah terbaru bagi penggemar di dunia pemograman. Lalu, saat peluncuran MLCC ini, hadir juga Bapak Basuki Yusuf Iskandar selaku Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo yang mengharapkan program seperti MLCC ini akan menjadi batu loncatan generasi millennial dalam mempelajari dunia IT dan juga Artificial Intelligence untuk menunjang kehiduapan yang lebih baik. Semoga kedepannya masyarakat Indonesia dapat mengubah teknologi di Indonesaia menjadi lebih baik dan tidak kalah saing dengan negara-negara yang sudah lebih maju teknologinya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • https://jalantikus.com/news/24997/tempat-resmi-belajar-machine-learning-dari-google/
  • https://developers.google.com/machine-learning/crash-course/
Verrell Armandhio Putera