DAMPAK INTERNET TERHADAP PENGGUNA

Arifin

1901483566

Keberadaan Internet saat ini sudah sangat digunakan hampir seluruh masyarakat. Tetapi internet memberikan dampak positif dan dampak negative yang dirasakan oleh seluruh kalangan termasuk mahasiswa. Tetapi kebanyakan mahasiswa menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan teman, mengerjakan tugas-tugas, juga membantu menunjang proses pembelajaran. Banyak informasi yang tersedia diinternet dan kita sangat mudah mendapatkanya.

Internet membantu kita untuk belajar bersosialisasi dengan siapa saja, dan internet juga dapat memberikan kita banyak informasi dari berbagai negara diseluruh dunia. Penggunaan internet sebagai media penghubung serba cepat memang sudah tidak mudah dipisahkan dari kehidupan kita.Tetapi internet memiliki dampak negative dan dampak positif.

Dampak positif :

  • Internet dapat memberikan informasi yang luas dan dapat menunjang proses pembelajaran dari sistem pembelajarannya sudah modern.
  • Internet juga dapat memberikan informasi yang lebih menarik karena terdapat animasi-animasi yang menarik perhatian si pengguna untuk melihat serta membacanya.
  • Banyak informasi yang tersedia di internet dan mudah untuk mendapatkanny, selain itu pelajar lebih sering mencari informasi di media internet, hal seperti merupakan salah satu pengaruh yang dapat mempengaruhi nilai-nilai prestasinya, karena pelajar secara cepat dapat memperoleh informasi yang terupdate di media.

Dampak Negative :

Kecanduan Hubungan Maya

Hal ini merupakan dampak yang mellibatkan seseorang secara berlebihan untuk menjalin hubungan maya.Hubungan melalui internet biasanya berawal dari chat. Melalui chat seseorang akan merasakan kecocokan sehingga memutuskan untuk menuangkan perhatian berlebih pada rekan chatnya.bahkan seseorang bias melupakan dunia nyata gara-gara kecanduan pada dunia maya.

Terjadinya Penipuan

Tidak hanya dalam media internet penipuan adalah dampak negative yang mengintai dalam segala hal internet menjadi salah satu sasaran para penipu untuk melancarkan aksinya.seperti berjualan online diinternet merupakan salah satu modus penipuan dijaman sekarang.

 

Dengan adanya jaringan internet berita dapat disebarkan dengan begitu mudah sehingga manusia tidak harus bergantung pada media cetak semata sebagai sumber informasi yang berguna. Inilah salah satu manfaat dari kemajuan teknologi informasi.

Agar dapat mencegah dampak negatif atau setidaknya sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka masyarakat terutama kaum remaja perlu diberikan sebuah wawasan yang mendidik serta mengadakan sebuah program sosialisasi yang mengena dengan kondisi masyarakat bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
Referensi :

https://ekiexif.wordpress.com/dampak-negatif-penggunaan-internet/

 

Arifin