SITE VISIT BENDUNGAN KARIAN, BANTEN

 

Pada tanggal 25 Agustus 2022, Kami Teknik Sipil Binus berkunjung ke Bendungan Karian, Banten. Bendungan tersebut dipilih karena Bendungan Karian merupakan Bendungan terbesar ke 3 di Indonesia yang mengairi lahan kurang lebih 22 ribu hektare di Provinsi Banten dan menjadi penyedia air baku bagi Provinsi Banten dan DKI Jakarta. Sehingga harapan kami dengan kami berkunjung ke Bendungan Karian dapat meningkatkan pengetahuan kami.

Berikut penjelasan singkat tentang Bendungan Karian:

Bendungan Karian merupakan tipe bendungan urugan batu dengan inti tegak dengan tinggi bendungan utama 63.5 m dan panjang 516 m. Pembangunan Bendungan Karian dimulai sejak Oktober 2015 dengan anggaran Rp 1,3 triliun dan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana Daelim Industrial Co, LTD-PT. Wijaya Karya (Persero)-PT. Waskita Karya (Persero) Joint Operation.

Pada musim hujan, bendungan ini berfungsi mengendalikan banjir Sungai Ciberang sebesar 60,8 juta m3. Bendungan ini memiliki kapasitas tamping 314.7 juta m3 dan luas genangan maksimum sebesar 1.740 hektar yang dapat digunakan sebagai kebutuhan irigasi. Selain irigasi, Bendungan Karian juga digunakan sebagai menyuplai air untuk kebutuhan rumah tangga, dan industri pada 9 kota/kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten. Bendungan ini juga berpotensi sebagai tujuan wisata air di Kabupaten Lebak, serta pembangkit energi listrik sebesar 1,8 megawatt melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH).

Berikut dokumentasi Kegiatan Site Visit Proyek

Saat berada di Bendungan Karian kami disambut dengan baik dan segera diarahkan langsung untuk memulai kegiatan site visit ini. Setelah melakukan site visit ini, kami mendapatkan beberapa informasi & pengetahuan yang telah disampaikan langsung oleh para ahli yang bekerja langsung pada Bendungan Karian.

 

Terima kasih. Salam Satu Sipil!!

 

Sumber: https://sda.pu.go.id/balai/bbwsc3/