CIVIL ON DUTY 2022

Civil on Duty (CoD) merupakan acara besar yang disusun oleh Himpunan Teknik Sipil (HIMTES) untuk menyediakan sebuah medium penghubung antar mahasiswa/i Teknik Sipil di Indonesia. CoD 2022 dirancang untuk memiliki serangkaian kegiatan yang meliputi webinar nasional, talkshow, roadshow dan lomba. Alasan kegiatan ini dilakukan adalah keinginan untuk memberikan ilmu seputar dunia Teknik Sipil. Civil on Duty (CoD) merupakan acara besar Himpunan Teknik Sipil (HIMTES) yang diadakan di luar kegiatan belajar mengajar dalam kelas setiap tahunnya. Pengalaman dan wawasan yang didapat peserta dari mengikuti CoD diharapkan untuk dapat digunakan sebagai bekal masa depan peserta dalam menjalani industri pekerjaan di bidang Teknik Sipil, baik itu dalam pengembangan pola pikir maupun pengetahuan dan ilmu dasar. Untuk itu, CoD akan diselenggarakan setiap tahunnya, dimana Jurusan Teknik Sipil Universitas Bina Nusantara akan menjadi tuan rumah dari acara tersebut.

Pada acara tahun ini, HIMTES mengangkat tema yaitu Driving A Technological Revolution In Construction, yaitu perkembangan dunia konstruksi tidak pernah lepas dari perkembangan teknologi. Teknologi konstruksi merupakan salah satu bidang teknologi yang terus dibutuhkan hingga masa depan. Dengan adanya teknologi di bidang konstruksi ini, pembangunan akan berjalan lebih cepat dan merata.            Maka dari itu, dengan diadakannya kegiatan Civil on Duty yang mengusung tema Driving A Technological Revolution In Construction diharapkan dapat mendorong para peserta untuk mampu memahami pentingnya revolusi teknologi dalam bidang konstruksi. Para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan menumbuhkan ide baru seputar Konstruksi. Serta tema ini diangkat untuk dapat membantu para mahasiswa/i Teknik Sipil untuk dapat memahami lebih jauh tentang Perkembangan pembangunan infrastruktur yang sangat signifikan dalam beberapa tahun mendatang, dibutuhkan sebuah revolusi teknologi di bidang konstruksi.

Pada tahun ini, CoD diselenggarakan secara hybrid dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih melanda dan dapat dikatakan masih menghambat kegiatan kita saat ini. Meskipun dilaksanakan secara hybrid, terdapat sisi positif yang bisa didapat yaitu semakin luasnya capaian peserta yang bisa diraih. Dengan tidak memikirkan transportasi dan akomodasi, namun bagi beberapa orang yang masih dapat menjangkau acara ini pun dapat datang langsung secara offline ke Universitas Bina Nusantara supaya dapat langsung merasakan pengalaman dan mendapat ilmu yang dapat diperoleh secara langsung. Acara ini diharapkan dapat mengajak universitas-universitas lain yang tersebar di seluruh Indonesia dan para ahli yang sudah terjun di bidang perindustrian untuk bergabung dalam kegiatan CoD 2022 yang dimana hal ini juga dapat mendorong keberadaan dan nama Jurusan Teknik Sipil Bina Nusantara di antara deretan nama kampus besar lainnya.

Persaingan adalah salah satu prioritas dari hal yang ingin dihindari selama berjalannya CoD, melainkan koneksi dan relasi antar kampus tersebut yang diperjuangkan. Dengan tereksekusinya CoD, mahasiswa/i dari kampus yang berbeda dapat mengenal satu sama lain, bertukar pendapat atau ide, dan pada akhirnya meningkatkan soft skills mahasiswa/i dalam berbagai macam aspek.

Berikut ini merupakan dokumentasi mengenai acara Civil on Duty 2022