5 Cara Teknologi Mengubah Masa Depan Perbankan Digital 

Ditulis oleh : Athallah Affan Marsa (2440109606) 

Saatnya orang mengenal pengalaman perbankan seperti Amazon di mana transaksi cepat dan efisien hanya dengan beberapa sentuhan di layar. Kenyamanan telah menjadi motivator utama untuk setiap dan semua layanan, dan perbankan digital membawanya ke ujung jari kita – jauh berbeda dengan antrian dan formalitas berbasis kertas dari bank tradisional. Setiap individu adalah konsumen dari kemudahan yang dimungkinkan oleh internet bagi kita, dan hampir setiap sektor beralih ke permainan digital mereka untuk berlomba, jika tidak menjadi yang terdepan dalam persaingan. 

Perbankan tidak terkecuali dengan perubahan pepatah. 

Ada suatu masa ketika metode tradisional high-street banking dianggap sebagai lambang kemajuan keuangan, tetapi orang-orang telah melewati hype. Teknologi telah mengambil alih dunia dan konvensi dengan cepat menjadi usang di zaman sekarang. Kemajuan lebih lanjut dalam teknologi hanya meningkatkan pengalaman pengguna yang disediakan oleh bank digital, oleh karena itu memberi pelanggan salah satu motivator yang tampaknya paling berfungsi saat ini – kenyamanan. 

Bagaimana Teknologi akan Mempengaruhi Masa Depan Perbankan Digital? 

Berikut adalah beberapa cara bagaimana perbankan digital menetapkan standar dan mengubah keseluruhan permainan di sektor keuangan 

  1. Layanan yang Disesuaikan untuk Pengalaman yang Disesuaikan 

UX atau Pengalaman Pengguna ditingkatkan dalam perbankan digital dengan bantuan AI dan Bahasa Mesin. Ini membantu dalam menyediakan layanan yang disesuaikan dan dibuat khusus untuk setiap konsumen, yang merupakan inti dari perbankan digital. Perangkat lunak memantau pola dalam selera dan kesukaan pemegang akun dan bagaimana dia memilih untuk menangani dana mereka, sehingga melakukan komunikasi yang bermakna dengan pengguna berdasarkan wawasan. 

 

Ini adalah peningkatan besar untuk pengalaman atas nama pengguna pada metode tradisional, di mana fleksibilitas tidak pernah menjadi pilihan. Karena sebagian besar perbankan digital modern didasarkan pada AI dan Pembelajaran Mesin, pelanggan dapat menikmati layanan yang sesuai untuk aktivitas perbankan mereka sendiri dan tidak harus sesuai dengan kebutuhan mereka sesuai dengan layanan yang diatur oleh bank. 

 

2.  Keamanan Perbankan untuk Mengurangi Penipuan dan Kerugian 

Keamanan merupakan salah satu aspek terpenting dalam perbankan. Berurusan dengan dana orang lain bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Itulah sebabnya sektor perbankan, keuangan, dan asuransi diatur dengan sangat ketat. Ada banyak cara bagaimana bank digital mengatur pengamanan akun pribadi. Yang tertua dan paling populer, tentu saja, adalah perlindungan kata sandi. Tetapi dengan kata sandi, konsumen harus mengingatnya dan juga mengingat yang mana untuk platform mana. Tetapi telah lebih disempurnakan dengan metode yang jauh lebih aman dan lebih mudah juga, seperti otentikasi 2 langkah dan biometrik. Yang pertama berhasil menambahkan lapisan keamanan, tetapi juga merupakan proses yang membosankan untuk diulang setiap kali konsumen masuk ke akun mereka. 

 

Di situlah teknologi mengambil alih untuk menciptakan sesuatu dengan keefektifan kata sandi dan verifikasi, tetapi tanpa rasa pusing yang menyertainya. Otentikasi pencocokan sidik jari pada awalnya merupakan satu-satunya opsi keamanan yang ramah pengguna yang ada. Sekarang daftar telah bergabung dengan pengenalan wajah dan iris juga. Biometrik mungkin merupakan pilihan paling nyaman saat ini yang memilih jalan tengah antara menyediakan keamanan berlapis besi tetapi juga kenyamanan pengguna. 

 

3. Digitalisasi untuk Meningkatkan Kenyamanan Pelanggan 

Inti dari perbankan digital adalah untuk mengoptimalkan kenyamanan nasabah. Selain manfaat nyata dari menghindari antrean panjang, menghilangkan banyak dokumen dan hadir secara fisik di cabang bank untuk beberapa layanan, ada banyak aspek lain dari perbankan digital yang difasilitasi oleh teknologi yang menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, sebagian besar telah membantu dengan e-commerce dan transfer dana dari mana saja dan kapan saja. Perbankan digital telah menghilangkan sepenuhnya konsep hari dan jam kerja untuk bank. 

 

4. Lebih Sedikit Kesalahan Akuntansi 

Ketergantungan pada mesin menghilangkan kemungkinan kesalahan dan kesalahan dalam perhitungan mekanis perbankan. Dengan faktor manusia yang terus-menerus diganti dengan digitalisasi, kemungkinan kesalahan menjadi jauh lebih kecil, sehingga meningkatkan tingkat produktivitas. Menghilangkan redundansi juga merupakan produk sampingan yang sangat penting dari kemajuan digital dalam domain ini. 

 

5. Business Intelligence untuk Meningkatkan Efisiensi Perbankan

Integrasi Business Intelligence dalam perbankan digital tidak dapat dihindari, dan jumlah manfaat yang dibawanya ke bank tidak terbatas. Ini memberikan wawasan yang akurat, tidak bias, dan spesifik fungsi berdasarkan tren perbankan historis, saat ini dan masa depan, yang membantu bank dalam meningkatkan efisiensi, meningkatkan layanan mereka beberapa tingkat dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. 

 

Kesimpulan, Teknologi Sangat Penting untuk Kenyamanan, Keandalan, dan Keamanan Dalam Perbankan 

Meskipun metode tradisional tidak berbahaya, ada kebutuhan yang kuat untuk berinovasi ketika dunia secara kolektif beringsut lebih dekat ke digitalisasi. Teknologi AI sudah matang dan siap menghadirkan inovasi di setiap langkah lingkungan perbankan. Migrasi ke sistem berbasis AI yang gesit dapat meningkatkan kelancaran dalam transaksi sambil menjaga pengalaman tetap erat dengan klien. Dengan mempercayai teknologi untuk merampingkan kinerja perbankan, Anda mengambil lompatan besar dalam membuat transaksi keuangan yang nyaman dan aman bagi pengguna. Hal ini, pada gilirannya, akan menambah lebih banyak pendapatan bagi bank-bank yang menerima perubahan tersebut. 

Pilih Solusi Flatworld untuk Layanan Platform Perbankan Digital 

Pasar perbankan digital sudah matang dengan tekanan pesaing, kenaikan harga, perubahan tren dan selera serta preferensi pelanggan yang berubah seiring dengan itu. Di Flatworld Solutions, kami membantu Anda membuat platform perbankan digital yang akan menyesuaikan diri dengan situasi yang berkembang. Layanan kami meliputi keamanan melalui otentikasi, modulator pembayaran, penyimpanan dokumen, dan pemeliharaan komunikasi tepercaya. 

 

Referensi :  

https://www.flatworldsolutions.com/IT-services/articles/5-ways-technology-is-changing-the-future-of-digital-banking.php 

https://www.linkedin.com/pulse/5-ways-technology-changing-future-digital-banking-excelanto- 

https://www.entrepreneur.com/article/367918