Evolusi Komunikasi dari Zaman ke Zaman

Ditulis oleh: Natario Thomas (2301850065)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat adanya alat komunikasi di dekat kita seperti smartphone, telepon genggam, dan lainnya. Alat komunikasi sendiri adalah media yang digunakan untuk mengirim ataupun menerima pesan dari satu individu ke individu lain atau bahkan kepada orang banyak. Sebelum alat komunikasi sudah maju seperti sekarang, ada beberapa kali tahap inovasi dari alat komunikasi ini, diantaranya:

  1. Cahaya, bunyi, asap

Gambar 1. Sinyal Asap (Sumber: medium.com)

Alat komunikasi ini digunakan sejak masa purba, manusia menggunakan asap, bunyi-bunyian, dan cahaya untuk menyampaikan pesan. Contohnya seperti di film-film ketika seseorang terdampar di sebuah pulau, ia akan menyalakan api sehingga akan ada asap besar pada pulau tersebut. Sehingga apabila ada helikopter melintas diatasnya, helikopter bisa mengetahui dan menolong orang yang terdampar tersebut.

  1. Surat

Gambar2. Surat (Sumber: detiklife.com)

Pada zaman dahulu, surat menyurat biasa digunakan ketika perang. Kertas berisi pesan dimasukkan ke wadah besi dan diikatkan ke kaki merpati sebagai pengantar suratnya. Kemudian merpati tersebut akan pergi ke lokasi tujuannya. Kemudian semakin kesini, surat menyurat sudah melalui sistem pos seperti yang kita lakukan pada saat ini.

  1. Telegram

Gambar 3. Telegraf (Sumber: voi.id)

Telegram disini merupakan isi dari pesan yang berupa rangkaian kode yang kita kenal dengan kode morse. Kemudian pesan ini dikirim melalui telegraf yang merupakan pesawat pengirim pesan yang dirangkai dengan kawat dan listrik pada tahun 1837.

  1. Telepon

Gambar 4. Telepon Kabel (Sumber: merdeka.com)

Setelah zamannya telegraf, kemudian pada tahun 1876 Alexander Graham Bell menemukan telepon. Telepon memiliki teknologi untuk mengirimkan suara dari satu telepon (alat) ke telepon lainnya menggunakan media perantara nya yaitu kawat. Kebanyakan telpon ini diletakkan di rumah-rumah sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana.

  1. Pager

Gambar 5. Pager (Sumber: batikominfo.id)

Setelah era telepon tadi, muncul alat komunikasi baru yaitu pager yang populer sekitar tahun 1950-an sampai 1990-an. Pager adalah alat komunikasi yang dapat mengirim dan menerima pesan singkat. Pager ini begitu populer dikarenakan bisa dibawa kemana saja dan terdapat layar minimalis untuk menampilkan pesan. Pager ditemukan oleh Multitone Electronic pada tahun 1956.

  1. Ponsel (Telepon Genggam)

Gambar 6. Ponsel (Sumber: tagar.id)

Setelah selesai era pager, terdapat ponsel atau telepon genggam yang ditemukan oleh Martin Cooper pada tahun 1973. Salah satu fitur yang masih kita gunakan sampai sekarang adalah SMS (Short Messaging System) yang pertama kali digunakan (dikirim) pada tahun 1992.

  1. Internet

Gambar 7. Internet (Sumber: mantabz.com)

Poin ini dinamakan internet, karena beberapa inovasi alat komunikasi diatas semuanya sekarang terhubung ke internet. Surat sekarang sudah bisa dikirim tanpa harus ke pos dengan melalui internet dan dinamakan e-mail (electronic mail), kemudian ada juga ponsel dan telepon genggam yang sekarang bisa dibilang sudah menyatu menjadi smartphone yang dapat terhubung langsung ke internet. Dimana di smartphone kita bisa mengirim pesan, foto, video, dokumen, melakukan panggilan dan masih banyak lagi.

 

Referensi:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/18/060000669/perkembangan-teknologi-komunikasi?page=all

https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/apa_itu_pager_generasi_millenial_harus_tahu_alat_komunikasi_yang_satu_ini-804

https://ringtimesbali.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-28654836/evolusi-teknologi-komunikasi-dari-masa-ke-masa?page=3

https://medium.com/@rid1hady/sejarah-singkat-komunikasi-dari-era-purba-hingga-era-program-mendominasi-dunia-e734452e0513

https://detiklife.com/pengertian-surat-dan-fungsi-surat/

https://voi.id/memori/1474/ketika-telegraf-merevolusi-dunia-komunikasi

https://m.merdeka.com/uang/produksi-telepon-koin-dan-telepon-rumah-yang-sirna-ditelan-waktu.html

https://www.tagar.id/mengenal-sejarah-handphone-pertama-di-dunia-dan-perkembangannya

https://www.mantabz.com/alat-komunikasi-modern/handphone-1/