Teknologi yang Dapat Mengirimkan Rasa Minuman Lewat Internet

Teknologi baru diciptakan oleh sekelompok peneliti di National University of Singapore, yang ingin membantu berbagi pengalaman sensorik melalui internet. Nimesha Ranasinghe dan timnya menggunakan warna dan keasaman sensor untuk merekam warna dan pH segelas limun segar dituangkan. Setelah data dikumpulkan, mereka mengupload informasi ke tumbler digital penerima, yang diisi dengan air dan dilengkapi dengan sensor lain dan lampu LED untuk menciptakan warna kuning pucat dalam upaya untuk mengelabui indera.

Selama percobaan, tim merekrut 13 orang untuk mencicipi lemon nyata dan virtual dan tidak diberitahukan mana lemon nyata dan mana lemon virtual. Setelah tes rasa, para peserta kemudian diminta untuk melaporkan bagaimana asam setiap rasa dan warna minuman. Meskipun mayoritas orang mencatat bahwa lemon nyata dapat diketahui dan limun maya dikatakan terlihat lebih pudar berdasarkan warna.

Tim baru-baru ini mempresentasikan temuan dan karya mereka pada konferensi di Jepang awal bulan ini, namun teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa mengirim ‘profil rasa penuh minuman’. ‘Kecuali Anda mensimulasikan penciuman, rasa benar tidak bisa direproduksi,’ kata Amol Bhondekar di Central Instrumen Ilmiah Organisasi di India. Namun, Ranasinghe mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya saat ini sedang mengembangkan koktail maya penuh dengan bau, rasa dan warna semua tertutup. ‘Kami ingin dapat membuat minuman apapun’.

Selama masih dalam tahap pengembangan tidak ada yang dapat memprediksi akan seperti apa hasil akhir teknologi ini. Atau bahkan suatu saat lewat teknologi ini kita justru dapat mengirimkan rasa minuman lengkap dengan bau, rasa dan warna seperti aslinya. Jika teknologi ini sudah menjadi sempurna mungkin kita tidak perlu pergi ke penjual minuman untuk membelinya, dengan kata lain dapat membeli minuman secara online.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.engadget.com/2017/03/26/internet-lemonade/

 

Steven Kristanto