ECU Mobil dan Cara Kerja ECU Mobil

ECU Mobil dan Cara Kerja ECU Mobil

Althariq Raidiwan

2001577592

Sumber Gambar : images.google.com

Unit kontrol elektronik (ECU) yang digunakan dalam mobil dan truk saat ini digunakan untuk mengontrol engine dan fungsi komponen lainnya. ECU adalah komputer dengan chip komputer yang diprogram internal dan dapat diprogram yang tidak jauh berbeda dari komputer rumah atau laptop. ECU komputer mesin kendaraan digunakan untuk mengoperasikan mesin dengan menggunakan sensor input dan komponen output untuk mengontrol semua fungsi mesin.

 

ECU membutuhkan input dari sensor kendaraan seperti sensor crankshaft dan sensor camshaft untuk menghitung informasi menggunakan program yang telah disimpan dalam ECU pada chip memori yang dapat diprogram. Program ECU akan menggunakan informasi sensor yang diinput untuk menghitung output yang dibutuhkan seperti jumlah bahan bakar yang disuntikkan dan kapan untuk memicu kumparan untuk menghidupkan mesin.

 

Ada berbagai ECU yang digunakan untuk sistem yang berbeda pada kendaraan. ECU yang digunakan berbeda dapat digunakan untuk transmisi, kontrol traksi atau ABS, AC, fungsi tubuh dan kontrol pencahayaan, mesin, kantong udara, atau sistem lain yang mungkin dimiliki kendaraan. Beberapa kendaraan dapat menggabungkan lebih dari satu ECU ke dalam satu unit yang disebut modul kontrol powertrain (PCM). Unit-unit ini dapat menjadi keuntungan dengan memiliki lebih banyak modul di satu lokasi tetapi mungkin menjadi kerugian dengan menambahkan kabel lebih panjang untuk mencapai komponen yang dioperasikannya.

 

Sebagian besar kendaraan baru telah mulai menggunakan saluran komunikasi antara modul yang berbeda pada kendaraan sehingga mereka dapat berbagi informasi dan sensor redundan tidak harus digunakan. Misalnya, sensor kecepatan di roda mendeteksi kecepatan roda dan akan menjadi input ke modul rem anti-lock (ABS) ECU. Alih-alih mengirim banyak kabel dari satu sensor ke ECU lainnya, ECU ABS akan membagikan informasi pada jalur komunikasi jaringan ke semua ECU yang menggunakan informasi, seperti transmisi untuk perpindahan gigi, speedometer untuk menunjukkan kecepatan kendaraan, atau sistem suspensi untuk mengontrol suspensi sesuai kebutuhan.

 

Penggunaan sensor input berbagi di seluruh kendaraan hanya menggunakan dua jalur data antara ECU telah memotong jumlah kabel yang digunakan dalam kendaraan. Berbagi informasi antar modul juga berarti mereka membutuhkan bahasa yang sama di antara mereka sehingga mereka dapat beroperasi sebagai sebuah kelompok. Ketika satu komputer mati atau tidak berbagi informasi karena kesalahan, maka dapat mempengaruhi modul lain jika mereka memerlukan input sensor dari modul yang gagal.

 

ECU mesin di sebagian besar kendaraan terhubung ke konektor diagnostik onboard dan akan menyampaikan semua informasi diagnostik pada saluran ini ke semua modul atau ECU lainnya. Ini mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan dan Anda tidak perlu pergi ke setiap ECU ketika ingin mengujinya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: https://www.yourmechanic.com/question/what-is-an-ecu-and-what-does-it-do

Althariq Raidiwan