Hal yang Harus Diperhatikan Jika Hobi Dijadikan Pekerjaan

       Hobi dijadikan pekerjaan sekarang ini memang makin marak. Bagaimana tidak, bekerja sesuai dengan hobi memang memberi keuntungan sendiri. Pasalnya, kita akan mencintai pekerjaan tersebut karena dari hobi yang kita disalurkan. Setiap orang tentunya memiliki pekerjaan yang diimpikan. Bagi kebanyakan orang, tidak hanya berharap gaji besar yang didapatkan saat bekerja saja, tapi juga kesenangan, pengalaman, dan kesempatan menyalurkan kemampuan atau yang mereka sukai. Tentu saja hobi dijadikan pekerjaan menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk mendapatkan kepuasaan batin dalam bekerja. Namun, memiliki pekerjaan sesuai dengan hobi tidak lantas mudah dan kerjanya hanya bersenang-senang saja. Namun ternyata ada hal hal yang harus kita perhatikan saat hobi dijadikan pekerjaan, agar kita tetap bisa menikmati pekerjaan sekaligus hobi kita

Saat Hobi Dijadikan Pekerjaan Kamu Harus Lebih Realistis dengan Prospeknya

       Sebelum kamu memutuskan hobi dijadikan pekerjaan, kamu harus tahu dulu hobi yang kamu sukai apa dan mengarah kemana. Dengan begitu, kamu bisa pilih pekerjaan yang bisa membuatmu senang dan bisa dikerjakan dengan baik tanpa beban. Tentunya, kamu juga harus realistis dengan hobimu tersebut. Apakah hobimu berprospek dan bisa menguntungkan untuk kehidupanmu. Misalnya, kamu ngotot ingin menjadi penyanyi karena hobi menyanyi, padahal suara kamu sebenarnya fals. Selain itu, jangan pula memilih hobi yang musiman. Misalnya, sedang maraknya upload foto di Instagram, kamu jadi suka fotografi, padahal setiap ambil foto selalu terlihat tidak bagus. Nah, yang seperti ini yang bikin hobi kamu nantinya tidak tahu arahnya kemana. So, realistislah dalam memilih hobi.

Perluaslah Wawasan Diluar Hobimu Sendiri

       Mempunyai satu hobi bukan menjadi patokan untukmu bisa terus sukses. Dengan kata lain, kamu bisa menghubungkan keterampilan dengan passion. Misalnya menggunakan pengetahuan apa saja yang kamu ketahui untuk memperluas peluang hobi kamu. Seperti, jika kamu suka merakit robot, maka jangan berhenti menawarkan jasa mengajarkan merakit suatu mesin. Kamu bisa mencoba menulis buku portofolio dan menerbitkannya dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa berpikir segala macam hal yang bisa kamu lakukan dan menggabungkan dengan hobi yang kamu punya untuk meningkatkan skala dan potensi penghasilan dari hobi yang dijadikan pekerjaan tersebut.

Meski Hanya Hobi, Tapi Belajarlah untuk Lebih Serius

       Hobi bisa dilakukan sesuka kita, namun meski hanya hobi, kamu tidak bisa menjalankannya setengah-setengah apalagi jika hobimu sudah dijadikan pekerjaan. Lakukanlah dengan serius dan suka hati jika kamu menginginkan kesuksesan. Dibutuhkan lebih banyak upaya dari sekedar hobi belaka, kamu harus rela bekerja keras dan terjun ke dalamnya setiap waktu, dan mau memeras otak demi memikirkan strategi pemasaran. Seiring perkembangan usaha kamu untuk menjadi lebih profesional, agar hobi yang dijadikan pekerjaan tersebut bisa menjadi pekerjaan yang menguntungkan.

Agar Tidak Jenuh dengan Hobi yang Dilakoni Sebagai Pekerjaan, Kamu Harus Bisa Menantang Diri

       Bekerja sesuai hobi itu memang menyenangkan dan membuat kita nyaman. Tapi, berada dalam zona aman lama-lama akan membuat kamu jenuh dan hambar. Cobalah untuk tantang terus diri kamu agar lebih baik. Perdalam kemampuan dan kembangkan pekerjaanmu. Jika hobimu merakit suatu mesin, teruslah asah kemampuanmu, selalu terus mencoba untuk memrakit suatu mesin baru, jangan puas dengan kemampuanmu sekarang. Lakukan suatu gebrakan baru, dan kamu harus berani membuat sesuatu yang tidak biasa.

Steven Kristianto