Fungsi Komputer Secara Umum

Oleh: Athallah Affan Marsa – 2440109606

Pengertian Komputer

Secara  umum komputer merupakan istilah dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Dalam bahasa Inggris bisa disebut compute, yang pada awalnya komputer digunakan untuk melakukan perhitungan, kemudian komputer disebut perangkat hitung mekanis.

Komputer didefinisikan sebagai sekelompok perangkat elektronik yang terhubung, bekerja sama, dan dikoordinasikan di bawah kendali suatu program, yang memiliki kemampuan untuk menerima data (input), kemudian olah (proses) data tersebut dan menghasilkan data informasi (output). Berikut ini adalah definisi komputer menurut para ahli:

  1. Robert H. Blissmer (1985)

Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. Donald H. Sanderes (1985)

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di dalam penyimpannya (stored program).

  1. C. Hamacher et al (1982)

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

 

Fungsi Komputer secara umum

  1. Data Input (Data Entry)

Fungsi komputer yang pertama adalah input. Fungsi ini untuk menerima data atau informasi dari sumber eksternal. Data yang diterima dari aktivitas di komputer atau perangkat lain melalui keyboard atau mouse.

  1. Data Processing (Pengolahan Data)

Fungsi utama komputer adalah untuk memproses. Berbagai data dan informasi merupakan data yang diolah oleh komputer. Data yang diolah akan menghasilkan output berupa informasi. Contohnya adalah teks, gambar, audio, video, grafik, dll.

  1. Data Storage

Fungsi data storage adalah sebagai tempat menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan tergantung pada bagaimana informasi tersebut digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan menggunakannya kembali. Data dapat disimpan di memori internal komputer ataupun di memori eksternal.

  1. Data Output

Data yang telah diolah dalam komputer, hasilnya dapat digunakan oleh pengguna atau perangkat lain dengan berbagai tujuan. Contoh data outputnya termasuk file audio, hard copy ke kertas, pencetakan sebagai model 3D, dll.

 

Referensi :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3876812/fungsi-komputer-secara-umum-serta-manfaatnya-anak-it-wajib-tahu-nih

https://tirto.id/definisi-komputer-menurut-para-ahli-sanders-hingga-blissmer-gc94

https://hot.liputan6.com/read/4526862/pengertian-komputer-jenis-fungsi-dan-manfaatnya-untuk-kehidupan-sehari-hari#:~:text=Fungsi%20komputer%20yang%20paling%20utama,video%2C%20grafik%2C%20dan%20lainnya.

https://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/fungsi-komputer-secara-umum