Company Visit to Jakarta Smart City

Pada hari Selasa, 16 Mei 2023, SoCS mengajak mahasiswa School of Computer Science untuk mengikuti Company Visit ke kantor Jakarta Smart City. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melihat solusi inovatif dan infrastruktur cerdas yang menjadikan kota Jakarta sebagai pusat transformasi digital. Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa dan beberapa pendamping dosen yang dilaksanakan sekitar 3 jam. 

Kegiatan ini dimulai dengan perkenalan dari Bu Alika selaku staff Customer Product Knowledge lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bu Sinta, dosen dari Binus University. Lalu, diputarkan video profile perusahaan Jakarta Smart City yang berfokus pada JAKI, salah satu inovasi aplikasi dari perusahaan Jakarta Smart City. Setelah itu, Bu Alika akan menjelaskan lebih detail isi dari video tersebut dengan menambahkan penjelasan mengenai beberapa fitur dari JAKI dan penanganannya. Jakarta Smart City merupakan perusahaan dibawah Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik DKI Jakarta dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat sekitar Jakarta, seperti banjir, kemacetan, COVID-19 dan sampah melalui aplikasi JAKI yang menyediakan beragam fitur yang dapat diakses oleh pengguna. 

“Mahasiswa BINUS University diajak untuk menonton video profile Jakarta Smart City”

Setelah mengenal lebih dalam perusahaan Jakarta Smart City, sesi ini akan dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen dan mahasiswa. Kebanyakan dari pertanyaan berhubungan dengan teknologi, data, dan informatika mengingat dosen dan mahasiswa berasal dari bagian School of Computer Science. Pertanyaan diantaranya mengenai IOT, AI, pengumpulan informasi dan bagaimana usaha pemrosesan data yang dilakukan oleh perusahaan Jakarta Smart City. Kegiatan ini diakhiri oleh foto bersama dan wawancara testimoni dari dosen dan mahasiswa. 

“Staf Jakarta Smart City menjawab pertanyaan dari mahasiswa”

Jesslyn Ong