Talkshow “How to be a Good Support System”

Pandemi ini sangatlah membatasi kehidupan sosial banyak orang sehingga memiliki serta menjadi support system yang baik menjadi hal yang sangatlah penting bagi diri sendiri maupun orang terdekat kita. Talkshow “How To Be A Good Support System” yang telah diadakan pada Jumat, 11 Maret 2022 pada pukul 15.00 sampai pukul 17.00 WIB telah membahas tentang caranya mempunyai support system terbaik untuk diri sendiri.

Edward Gabriel selaku pembuka acara menyampaikan pentingnya mengikuti talkshow ini untuk menambah pengetahuan kita tentang support system yang baik. Acara ini mengundang dua narasumber dan juga diikuti lebih dari 100 peserta, acara ini diadakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pada sesi awal materi, talkshow ini diisi oleh seorang narasumber yang merupakan mahasiswa jurusan psikologi bernama Alan. Ia menyampaikan banyak pelajaran dan juga caranya mempunyai support system yang sangat baik untuk diri sendiri. “Kita butuh support system yang sama passionnya dengan kita supaya bisa saling backup satu sama lain ketika sama sama saling membutuhkan.” Katanya. Dia juga berbagi pengalamannya kuliah online sehingga susah untuk mendapatkan teman yang satu frekuensi. Menurutnya sangat pentingnya mempunyai support system, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini , kita butuh banyak orang yang bisa menyemangati kita disaat kelelahan mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan yang berat.

Dalam penjelasan selanjutnya, narasumber Alan ini memberi tahu jika kita membutuhkan teman bukan hanya dari kuantitas tetapi kita butuh teman yang berkualitas. “Bukan berapa banyak orang yang support kita tapi lebih baik satu atau dua orang saja, tetapi orang tersebut selalu ada buat kita, itu yang bisa disebut teman yang berkualitas.” Katanya.

Sementara itu pada materi kedua, talkshow ini mendatangkan narasumber Greta V. Paramita yang merupakan dosen sekaligus manager Binus Global Class. Dosen tersebut merupakan lulusan psikologi dan beliau bercerita tentang banyaknya orang yang mulai bekerja dan melakukan banyak kegiatan lainnya, yang mulai mengeluhkan dirinya karena panic attack dan juga merasa kesepian. Beliau juga memaparkan bahwa banyaknya orang yang berteman pada saat ini dikarenakan adanya aktivitas seperti bekerja atau kuliah, bukan berteman karena hati.

Narasumber kedua ini menjelaskan tentang caranya menjadi support system yang baik untuk orang lain, “Kita mendengarkan orang lain bercerita sebenarnya sudah sangat bagus, tetapi kita juga harus belajar mendengar supaya aktif lalu mengelola omongan lawan bicara kita, artinya kita harus be present lalu kita mencoba untuk memberikan tanggapan untuknya, agar dia merasa senang setelah bercerita dengan kita,” katanya.

Seusai pemaparan materi yang diberikan oleh kedua narasumber tersebut, talkshow ini dilanjutkan dengan sesi Q&A antara peserta dengan narasumber. Talkshow ini diikuti oleh lebih dari 100 orang dan mendapatkan respon baik dari peserta maupun narasumber. 

Kayla Nur Khosyatillah Sudza