NUNI International Webinar 2021

National University Network Indonesia (NUNI) adalah kolaborasi strategis antara universitas di Indonesia dengan tujuan untuk menciptakan nilai dalam akademik, keunggulan melalui penelitian mobilitas, fakultas, dan mahasiswa. Deklarasi NUNI dibentuk pada tanggal 21 Oktober 2011 melalui acara Transnational of Higher Education Summit (THES), bersama dengan 21 anggota dari universitas yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Bina Nusantara. Penandatanganan Deklarasi NUNI dilakukan oleh Direktur Instutional Affairs and Cooperation, Direktorat General of Higher Education, dan seluruh hadirin THES termasuk industri dan universitas.

Pada bulan April 2021, jejaring NUNI (National University Network in Indonesia) bersama dengan Binus University menyelenggarakan seminar online dalam bentuk International Webinar Series. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 12 – 14 April 2021. Media yang digunakan adalah Zoom Meeting, serta durasi untuk setiap acara selama dua setengah jam. Seminar yang dilaksanakan berupa seminar internasional yang bekerja sama dengan universitas-universitas internasional, seperti Universitas Malaysia Sawarak, Humber College, dan Lodz University of Technology. Seminar internasional ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Tidak hanya ilmu yang didapatkan, para peserta juga akan mendapat E-Certificate.

Pada tanggal 12 April 2021, tema yang dibahas pada seminar ini adalah Sosial, dengan dua topik yang berbeda, yaitu “Dealing with People with Mental Issues” dan “Taking Action Against Bullying”. Pada tanggal 13 April 2021, tema yang dibahas adalah Ekonomi, dengan topik “Future Business Opportunity in Sustainable Denim” dan “Business in Post-pandemic Era”. Pada tanggal 14 April 2021, tema yang diangkat adalah Ekologi dengan topik “Energy Effeciency and Renewable Energy Technology” dan “Combating The Plastic Waste by Converting it into Liquid Fuel”.