BOLTS di Tengah Pandemi

Halo semua!, kali ini HIMSTAT mengadakan LDK aktivis atau yang lebih dikenal dengan sebutan BOLTS. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 sampai 26 Maret 2021, dan dihadiri oleh 21 peserta calon aktivis. Kegiatan BOLTS ini dilaksanakan secara daring dengan media Microsoft Teams. BOLTS sendiri merupakan singkatan dari Basic Organization Leadership Training for Statistician.

Selama kegiatan BOLTS berlangsung, semua peserta wajib aktif dalam setiap sesi, memberikan tanggapan mereka, memberikan pandangan mereka, dan apa yang akan mereka hadapi kedepannya. Kegiatan ini juga mengajarkan seperti apa HIMSTAT itu, dari kapan terbentuknya HIMSTAT, visi dan misi HIMSTAT, dan juga program kerja apa saja yang dilakukan oleh HIMSTAT. Selain itu, peserta juga wajib untuk mengenal siapa saja pengurus – pengurus HIMSTAT tahun ini. Dengan mengenal satu sama lain, kita juga akan peduli dengan hal yang lainnya.

​Pada tanggal 25 Maret, kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, para calon aktivis diajarkan mengenai beberapa rangkaian dalam pembuatan proposal, pembentukkan panitia, pelaksanaan acara, hingga pembuatan LPJ. Sesi kedua pada acara ini, HIMSTAT menuntut seluruh calon aktivisnya untuk membuat dan mempresentasikan sebuah proposal yang berkaitan pada program kerja wajib di HIMSTAT. Dari kedua sesi tersebut, seluruh calon aktivis aktif dan banyak ingin tahu mengenai HIMSTAT dan program kerja yang akan dijalankan untuk satu tahun kedepan.

​Hari berikutnya, kegiatan ini terdiri dari 3 sesi, yaitu: Tentang HIMSTAT, Menyikapi sebuah situasi, dan pelantikan. Pada sesi ketiga, para calon aktivis mengenal dan mempelajari mengenai kepengurusan HIMSTAT 2021, termasuk DPI dan koordinator di setiap divisi dan subdivisi, yang bertujuan agar setiap calon aktivis mengenal siapa saja yang merupakan DPI dan koordinator. Pada sesi keempat, ada serangkaian pertanyaan bagi calon aktivis mengenai sikap – sikap yang harus dihadapi jika terjadi sesuatu pada saat sedang mempersiapkan acara atau saat berorganisasi. Dari serangkaian sesi yang diadakan di BOLTS sampai dengan pelantikan, dapat kami katakan bahwa acara ini berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan ekspektasi kami dalam merangkai acara BOLTS untuk tahun ini.