TINGKATKAN BISNIS DENGAN INSTAGRAM INSIGHTS

Statistika sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bisnis. Suatu bisnis tentunya akan sulit berkembang atau bertahan hidup apabila perusahaan tersebut tidak mampu menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas tinggi dan harga yang lebih murah. Semua hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Konsumen yang merasa puas akan tertarik untuk menggunakan produk dan jasa tersebut lagi, bahkan dapat mengajak teman, keluarga, dan rekan mereka untuk menjadi konsumen. Apabila suatu perusahaan tidak dapat memenuhi keinginan konsumen, perlahan-lahan perusahaan akan mengalami kerugian terus-menerus bahkan bisa bangkrut. Dengan analisa statistika, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pasar di saat waktu tertentu.

Salah satu sosial media yang sering digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa adalah Instagram. Baru-baru ini Instagram menyediakan suatu alat untuk membantu para pebisnis dalam menjalankan usaha mereka, yaitu Instagram insight. Instagram insight menyediakan banyak data yang dapat digunakan oleh para pebisnis. Mulai dari informasi umum, meliputi jumlah followers, jumlah berapa kali pengguna membuka postingan Anda, bahkan sampai distribusi gender, usia, dan lokasi followers Anda. Namun seringkali para pebisnis tidak dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik. Kami di sini dapat membantu Anda cara menggunakan Instagram insight dengan baik.

Berikut adalah tips yang kami berikan untuk membantu Anda dalam menggunakan Instagram sebagai media bisnis dan menggunakan Instagram insight untuk mencari informasi dan data yang Anda perlukan untuk menjaga dan mengembangkan postingan Anda :

  1. Ketahuilah demografi followers Anda.
    Anda dapat menggunakan dua diagram yang telah disediakan Instagram insight berikut ini:

    Dari gambar di sebelah kiri, Anda dapat lihat terdapat diagram yang berisi 2 informasi penting mengenai demografi Anda, yaitu jenis kelamin dan usia followers anda. Melalui informasi ini, Anda bisa menentukan jenis konten dan postingan yang sesuai untuk followers Anda.

    Lalu dari gambar di sebelah kanan, Anda juga mendapat 2 informasi penting yang Anda harus ketahui, yaitu persebaran tempat asal dan waktu aktif dari followers Anda. Dari informasi ini Anda dapat memilih waktu untuk mem-posting konten yang tepat, yaitu di mana saat followers Anda sedang aktif-aktifnya menggunakan Instagram melalui gadget mereka. Selain itu, Anda juga dapat membuat suatu keputusan seberapa sering Anda perlu mem-posting di akun Anda untuk memasarkan produk Anda.

    Kemudian dengan informasi persebaran tempat asal followers Anda, Anda bisa menyusun rencana pemasaran yang strategis misalnya Anda dapat memfokuskan kota yang menjadi sasaran pemasaran produk Anda dari hasil data tersebut.

  2. Lihat performansi akun Anda
    Buatlah suatu perubahan yang dapat meningkatkan followers Anda bila dibutuhkan. Apabila jumlah followers Anda tidak mengalami pertumbuhan dalam jangka waktu yang lama bahkan mengalami penurunan, maka sudah saatnya Anda melihat kembali apa saja yang Anda sudah post dan respon anda kepada para followers. Mungkin Anda perlu membuat suatu postingan unik dan berbeda dari sebelumnya atau berinteraksi lebih dengan followers Anda.

    Anda bisa melihat dari gambar di samping kiri, bagaimana performa akun Anda dalam jangka waktu seminggu. Informasi umum, seperti banyak followers dan perubahannya, berapa banyak yang Anda post selama seminggu  dan total dari semua post di akun Anda

    Ada beberapa istilah penting yang Anda perlu ketahui ketika Anda melihat informasi di Instagram insight:

    • Impressions

    Jumlah dari keseluruhan orang yang pernah melihat konten yang Anda tampilkan. Jumlahnya bisa saja ganda bila seseorang melihat berkali-kali di konten yang sama.

    • Reach

    Hampir sama dengan Impressions. Hanya saja jumlahnya unik. Setiap pengunjung yang melihat konten, hanya dihitung sebagai 1 pengunjung sehingga nilainya akan lebih kecil daripada impression.

    • Profile views

    Jumlah dari orang-orang yang mengunjungi ke Instagram Anda dan melihat akun secara keseluruhan, bukan hanya melihat konten saja.

    • Website clicks

    Jumlah klik dari link website yang Anda pasang pada halaman profil.

    • Saved

    Jumlah pengguna yang menyimpan konten dari akun Anda ke halaman pribadi mereka.

    • Engagements

    Jumlah dari pengguna yang menyukai, memberi komentar, dan menyimpan konten tersebut. Bisa disebut juga bahwa engagement merupakan jumlah dari pengguna yang tertarik dengan konten yang Anda tampilkan.

  3. Pahami seberapa efektif content yang Anda telah buat
    Instagram insight juga memberikan Anda informasi menarik yang Anda dapat gunakan untuk menentukan postingan mana yang harus anda perbanyak dan yang kurang cocok untuk di-post di akun Anda. Informasi yang insight berikan berupa rincian setiap post yang terdapat di akun Anda, seperti likes, comments, dan saved.

    Selain informasi tersebut, insight juga akan memberikan detail pada setiap postingan Anda berupa impressions, reach, dan engagements. Namun, apabila Anda juga membuat story di akun Instagram Anda, Instagram juga sudah menyiapkan Instagram insight di mana setiap story juga mempunyai informasi se-detail postingan Anda.

    Dengan menggabungkan semua informasi di atas, Anda sudah mempunyai banyak informasi untuk dianalisa dan memulai membuat keputusan mengenai postingan Anda sebagai media promosi.

    Pihak Instagram sudah memberikan banyak informasi dan alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat akun Anda semakin menarik dan dikunjungi banyak orang. Baiknya lagi adalah, apabila Anda mencari informasi mengenai tools seperti ini di luar, tidak banyak aplikasi yang dapat memberikan Anda informasi se-detail ini apalagi dengan tidak membayar sama sekali. Instagram sudah baik dalam memberikan Anda alat secara cuma-cuma. Namun, semuanya kembali berada di tangan Anda. Anda lah yang menentukan sendiri bagaimana cara Anda menggunakan dan memanfaatkannya. Mulailah membiasakan diri Anda untuk selalu mencari dan menganalisis informasi yang Anda butuhkan sebelum membuat suatu keputusan.

    Penulis:

    1. Felicia Trisnanto (2201733566)
    2. Anthony Gilrandy Theo (2201734814)
    3. Shonny Sholahudin (2201823416)