LEGAL MONTHLY DISCUSSION 1 2022

Pada tanggal 23 Mei 2022, Himpunan Mahasiswa Business Law (HIMSLAW) sebagai salah satu organisasi yang ada di BINUS University telah menjalankan rangkaian acara Legal Monthly Discussion 1 2022 dengan mengusung tema “Legal Monthly Discussion 1 mengangkat tema “Dinamika Perubahan Norma Hukum di Masyarakat Indonesia: Mengupas Tuntas Perbandingan dan Permasalahan Antara UU Ketenagakerjaan dengan UU Cipta Kerja dalam Implementasinya Terhadap Para Buruh”. Acara ini diselenggarakan untuk menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa/i hukum, baik dari dalam maupun luar BINUS University dan masyarakat umum lainnya. Legal Monthly Discussion 1 2022 telah berhasil mendapatkan antusiasme para mahasiswa/i hukum bahkan hingga luar jurusan. Pada acara ini, telah dihadirkan dua narasumber hebat dan ternama yang memiliki banyak pengalaman khususnya di bidang ketenagakerjaan. Kedua narasumber tersebut yaitu Bapak Dr. Ruslan Irianto Simbolon, S.E., M.M. dan Bapak Theodore Manurung, S.H.. Bapak  Dr. Ruslan Irianto Simbolon, S.E., M.M. adalah seorang Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Ahli Utama Kemnaker RI yang tentunya sangat berhubungan dengan hubungan industrial. Adapun Bapak Theodore Manurung, S.H. sendiri merupakan Advokat sekaligus Managing Partner dari TM&P Law Office, kantor hukum yang memiliki spesialisasi pada bidang hukum ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

Selaras dengan pelaksanaan Legal Monthly Discussion pada bulan-bulan sebelumnya, terdapat perbedaan pada teknis acara kali ini. Hal ini disebabkan akibat merambahnya pandemi COVID-19 sehingga kegiatan Legal Monthly Discussion I masih diselenggarakan secara daring.

Walaupun pelaksanaan Legal Monthly Discussion I ini dilakukan secara daring, fakta tersebut tidak mengurangi antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan diskusi. Saling berbagi ilmu serta pengetahuan dan proses diskusi yang berjalan dua arah antar pemateri dan peserta menjadi parameter keberhasilan lancarnya kegiatan Legal Monthly Discussion I.

Untuk selanjutnya, diharapkan bahwa kegiatan Legal Monthly Discussion ini dapat terus berlanjut dan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik secara kualitas. Peningkatan ini bertujuan untuk memperkenalkan eksistensi HIMSLAW beserta Jurusan Hukum Bisnis Universitas Bina Nusantara menjadi lebih luas hingga skala nasional.

Selain untuk memperkenalkan eksistensi HIMSLAW beserta Jurusan Hukum Bisnis Universitas Bina Nusantara kepada kalangan masyarakat luas, terdapat tujuan lain dari pelaksanaan Legal Monthly Discussion I, yakni untuk memberikan pengetahuan umum mengenai perbandingan dan permasalahan UU Cipta Kerja dalam pengimplementasiannya terhadap para buruh. Selain itu, acara ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa hukum terkait dampak implikasi UU Cipta Kerja terhadap kesejahteraan para buruh dan masyarakat luas.

Mengingat pentingnya kesadaran serta kontribusi dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat luas dalam memantau jalannya perbaikan proses legislasi dari UU Cipta Kerja, dengan diadakannya LEGAL MONTHLY DISCUSSION 2022, yang mengangkat tema “Dinamika Perubahan Norma Hukum di Masyarakat Indonesia: Mengupas Tuntas Perbandingan dan Permasalahan Antara UU Ketenagakerjaan dengan UU Cipta Kerja dalam Implementasinya Terhadap Para Buruh” ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Hukum terkait pengetahuan atas permasalahan disertai dengan solusi hukumnya, kami berharap calon sarjana hukum mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang dapat diimplementasikan untuk Indonesia yang lebih baik.