Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pentingnya Penggunaan User Experience dalam Era Industri 4.0

Pada masa sekarang, semua aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan teknologi. Perkembangan zaman yang semakin canggih dari hari ke hari tentu memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan manusia. Saat ini manusia telah memasuki era industri 4.0 yang di mana industri dapat berinteraksi secara digital. Menurut Angle Marker (2013) Industri 4.0 merupakan transformasi yang komprehensif meliputi seluruh aspek industri lewat peleburan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Salah satu aspek yang turut berpengaruh dari perkembangan industri 4.0 yaitu aspek bisnis. Saat ini aktivitas bisnis telah mengalami digitalisasi yang di mana hal tersebut sangat berguna dan bersifat memudahkan. Revolusi di dunia bisnis tersebut tentu memberikan pengaruh bagi para konsumen. Oleh karena itu, perusahaan tentu membutuhkan pandangan konsumen terkait dengan produk yang nanti diproduksi.

Pendapat konsumen terhadap produk yang akan diluncurkan merupakan hal penting bagi perusahaan. Melalui pandangan konsumen, perusahaan dapat lebih mudah memahami keinginan pelanggan dan dapat menerapkan hal tersebut pada produk yang nantinya digunakan oleh pelanggan. Pandangan konsumen tersebut biasanya dikenal sebagai user experience. UX atau biasanya disebut user experience merupakan pengalaman atau sensasi yang dirasakan oleh pelanggan ketika menggunakan produk. Pengalaman tersebut berarti bahwa pelanggan diharapkan dapat mengakses produk tersebut dengan mudah sesuai dengan keinginannya. Saat ini produk bisnis sudah berbasis digital yang di mana UX sangat berperan penting terhadap kesuksesan produk tersebut. 

Di tengah persaingan dengan bisnis serupa, tentu perusahaan perlu memberikan tampilan UX yang baik pada produknya sehingga pelanggan menjadi nyaman dan loyal. Adanya user experience tentu memudahkan perusahaan dalam menganalisis keinginan pengguna/pelanggan terkait dengan produk mereka. Tampilan UX yang baik dapat dilihat dari fitur dan fungsi yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Jika UX yang dirancang tidak cukup baik untuk digunakan oleh pengguna, maka bisa saja mereka berpaling kepada produk lain yang serupa.

Berdasarkan perkembangannya, user experience tentu memiliki peran penting dalam revolusi industri 4.0. Seluruh aktivitas bisnis yang terintegrasi dengan teknologi digital membutuhkan UX dalam merealisasikan produknya. Adanya UX tentu memudahkan interaksi antara manusia dengan mesin. Selain itu, penerapan UX dapat memicu peningkatan operasional. Jika dalam sistem memiliki UX yang baik maka hal tersebut dapat mengoptimalkan proses kinerja manusia. Adapun untuk mencapai potensi dan memaksimalkan manfaat dari era industri 4.0, perusahaan harus memahami user experience yang dibutuhkan dalam aspek bisnis mereka sehingga hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang baik dan dapat menciptakan inovasi baru.

Referensi:

Benyon, D.(2019). Designing User Experience: A Guide to HCI, UX and Interaction Design(4th ed.). Pearson. United Kingdom. ISBN-13: 978-1292155517.

Hartson, R., Pyla S. P.(2012). The UX Book: Process and Guidelines for Ensuring a Quality User Experience. Elsevier. USA. ISBN: 978-0-12-385241-0.

Prasetyo, H., & Sutopo, W.(2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17-26. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26 

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri  4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia Publisher. Indonesia. ISBN: 978-623-229-270-3.

2602220163 - Amalia Sulfinita Lawendatu