Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

HTML

Hai teman-teman! Kali ini kita membahas tentang HTML. Apa sih HTML itu? HTML itu sendiri adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML merupakan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membuat suatu website. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita lihat pembahasannya di bawah.

Apa itu HTML?

HTML adalah bahasa untuk memarkup atau memformat. Tugas HTML adalah memberitahu Browser bagaimana cara menampilkan konten. Browser yang dipakai pun bermacam-macam, ada Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, dll. Diusahakan Browser yang dipakai merupakan browser yang paling baru. Tidak disarankan menggunakan Internet Explorer. Kenapa jangan menggunakan browser yang bukan versi terbaru? HTML sampai saat ini sudah berkembang menjadi HTML5, seiring berjalannya update HTML maka browsernya pun juga harus ikut update untuk menyesuaikan HTML5 ini.

 

Tag

Tag dalam HTML diawali menggunakan tanda lebih kecil dari “<” dan diakhiri dengan tanda lebih besar dari “>”.

  • Contohnya seperti <p> Ini adalah HTML </p>

 

Kalian lihat terdapat tag yang diawali dengan <p> dan diakhiri dengan </p> usahakan kalian tidak lupa untuk menutup setiap tag yang dibuat. Namun perlu diingat, tidak semua tag dalam HTML perlu ditutup seperti tag <br /> atau <hr>

Elemen

Setelah mempelajari tentang Tag, kita akan mengenal tentang elemen dalam HTML. HTML terdiri dari banyak elemen seperti misalnya element <p> mengindikasikan sebuah paragraf. Elemen itu sendiri adalah mendefinisikan arti semantic dari konten yang bersangkutan. Bingung ya? Mari kita lihat elemen-elemen dasar HTML :

<html>

            <head>

                        <title>HTML Pertama</title>

            </head>

            <body>

                        <p>Hello World!</p>

            </body>

</html>

 

Itu adalah elemen dasar HTML, jangan bilang kalian makin bingung hahaha. Elemen <html> menampung dokumen di dalamnya, dan elemen <body> menampung konten dari halaman web. Struktur ini sering diibaratkan sebagai pohon yang memiliki cabang-cabang (dalam kasus ini elemen <body> dan <p>) yang tumbuh dari batang (<html>). Struktur Hierarki ini disebut dengan DOM: Document Object Model.

Sekian penjelasan singkat saya mengenai HTML. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Source : https://developer.mozilla.org/id/docs/Web/Guide/HTML/Pengenalan