Robopsikologi, Takdir Manusia dengan Robot dan Kecerdasan Buatan

Pernah mendengar kata “Robopsikologi”? Atau belum pernah sama sekali? Yuk, kita bahas bersama topik kali ini yang cukup unik dan jarang diketahui!

        Sebelum kalian mengenali robopsikologi, ada hal yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian mengetahui apa itu revolusi industri ke-4? Revolusi industri ke-4 telah mengubah keadaan dunia dari yang sebelumnya. Robotika dan otomatisasi mulai mentransformasikan dunia ke zaman yang baru. Hal ini ditandai dengan hadirnya robot dan kecerdasan buatan (AI). Contohnya adalah ChatGPT, Google Assistant, Siri, robot industri, dan masih banyak lagi. Hal yang perlu kita ketahui, perubahan ini berdampak pada eksistensi manusia, diantaranya yaitu perubahan dalam lingkungan sosial masyarakat. Dengan adanya robot dan AI, manusia secara tidak langsung berinteraksi dengan mereka dan hal itu memengaruhi perilaku kita sebagai manusia. Selain itu, robot dan kecerdasan buatan datang sebagai subjek yang baru bagi beberapa bidang ilmu, salah satunya psikologi, yang mana bidang ilmu tersebut perlu menyesuaikan penerapannya terhadap mereka.

        Mengisi kesenjangan tersebut, terbentuklah kata robopsikologi sebagai salah satu hasil potensial dari adaptasi ilmu psikologi dengan robot dan AI.

        Apa itu robopsikologi?

        Robopsikologi atau psikologi robot merujuk pada studi yang mencakupi pembahasan mengenai robot dan AI sebagai subjek eksperimen tersendiri serta dampaknya terhadap perilaku manusia. Sebelumnya, telah dikatakan bahwa robopsikologi merupakan salah satu hasil potensial, dimana artinya robopsikologi belum resmi menjadi salah satu sub disiplin psikologi dan memang belum ada sub disiplin psikologi yang sepenuhnya membahas topik tersebut.

        Tetapi, tidak bisa dikatakan bahwa dimensi robopsikologi sama sekali tidak mungkin untuk dijadikan sub disiplin atau salah satu materi yang dapat dibahas secara sepenuhnya dalam psikologi. Mengapa? Ada beberapa sub disiplin psikologi yang mulai menyinggung mengenai hubungan robot dan AI dengan manusia, namun memang tidak sepenuhnya yang mengarahkan kita untuk perlu menginvestigasi lebih lanjut dimensi ini. Selain itu, banyak artikel yang menyelidiki topik mengenai interaksi robot dan AI dengan manusia dan ada beragam ulasan literatur mengenai robopsikologi yang mendukung akan kehadiran robopsikologi. Ditambah lagi, situasi dan keadaan dunia yang berada dalam revolusi industri ke-4 seakan-akan menuntut manusia untuk segera mempelajari lebih luas mengenai robopsikologi. Ada juga beberapa isu, seperti human-centered technology yang mendorong ilmu psikologi untuk mulai beradaptasi dengan teknologi, yang mana salah satunya adalah terkait robot dan AI. Alasan-alasan inilah yang memberikan tanda bahwa robopsikologi akan segera hadir.

        Namun sebenarnya, apa yang kira-kira robopsikologi bisa berikan kepada dunia?

1. Investigasi lebih lanjut mengenai robot dan AI sebagai subjek eksperimen tersendiri akan membawa kita pada suatu pengetahuan yang mungkin belum terungkapkan dari sisi pandang psikologi.

2. Dengan mempelajari dampak interaksi robot dan AI terhadap perilaku manusia, kita dapat mengetahui akan perubahan tersebut dan mungkin membuat kita menemukan beberapa teori yang dapat diterapkan bagi kehidupan manusia.

        Tentunya apa yang bisa diberikan robopsikologi terhadap dunia bergantung pada seberapa luas dan dalam manusia menguliknya karena robopsikologi masih termasuk dimensi yang belum terjelajahi dengan baik dan terdapat kesenjangan yang besar antara pengetahuan, alat, dan kebutuhan dunia.

        Menurutmu bagaimana? Apakah lebih baik sekarang bagi robopsikologi untuk segera hadir dan menjadi sub disiplin yang membuka banyak pengetahuan yang belum diketahui banyak orang? Atau lebih baik bagi robopsikologi untuk tidak perlu terungkapkan karena mungkin akan memicu banyak isu-isu dan perdebatan global lainnya?

Referensi

Krägeloh, U. C., Bharatharaj, J., Albo-Canals, J., Hannon, D., & Heerink, M. (2022). The time is ripe for robopsychology. Frontiers in Psychology, 13. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2022.968382/full

Ars Electronica Videos. (2021, Oktober 11). Martina Mara talking about robopsychology. [Video]. https://www.youtube.com/watch?v=1nOhYTU8GDg

Kevin Jonathan