APAKAH KEPRIBADIAN MANUSIA DITENTUKAN OLEH ZODIAK?

“Kamu kok keras kepala banget sih, zodiak kamu aquarius ya?”

“Kamu ternyata orangnya begini ya, pasti zodiak kamu gemini!”

Halo, teman-teman Psytroopers! Kalian pastinya sudah tidak asing lagi ya dengan istilah zodiak. Apalagi kalau baca atau dengar kalimat di atas, bisa kita temukan di mana saja. Sebelum kita bahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih arti dan asal-usul muncul dan digunakannya dalam kehidupan? Yuk, simak pembahasan berikut!

Kata ‘zodiak’ berasal dari bahasa Yunani, yakni zodiakos kyklos yang berarti lingkaran hewan. Zodiak merupakan sabuk khayal langit yang dibagi menjadi dua belas jenis dan disimbolkan dengan hewan, yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Pembagian hal tersebut dibagi berdasarkan rasi bintang. Rasi bintang pada zaman dahulu digunakan sebagai alat yang membantu memperkirakan berbagai kejadian di bumi, seperti musim panen, hujan, bahkan ramalan seseorang. Sistem zodiak dahulu digunakan oleh bangsa Cina, Yunani, Babilonia, dan sebagainya. 

Menariknya, sejarah awal horoskop bukan berasal dari bangsa Yunani, melainkan dari bangsa Babilonia. Menjelang akhir abad ke-5 SM. Para astronom Babilonia menemukan bahwa ada tiga belas konstelasi yang berganti-ganti sepanjang tahun. Kemudian, mereka meninggalkan salah satu konstelasi untuk mencocokkan kalender 12 bulan Babilonia. Kedua belas konstelasi itu kemudian dinamai menurut nama obat resep pasien yang sakit. Kenapa harus memakai nama resep? Karena pada saat itu orang Babilonia memiliki resep yang berbeda setiap bulannya. Misalnya, sakit di bulan Agustus, harus dikasih obat A. Akan tetapi, kalau sakit di bulan Januari, obatnya G – sesederhana itu.

“Setelah membaca ringkas terkait zodiak, kira-kira apa ya pendapat dari Ilmuwan terkait zodiak?”

Dengan kurun periode waktu tertentu, para peneliti atau astronom telah melakukan penelitian pada matahari dan rasi bintang, tetapi belum diketahui dengan konkret terkait teori gravitasi bumi dan gravitasi bulan. Pergerakan bumi dapat menyebabkan adanya perubahan lokasi rasi bintang (zodiak) seiring waktu. Dengan hal tersebut, dapat dipahami bahwa adanya kemungkinan posisi astrologi zaman kuno berbeda dengan saat ini. Seorang astrolog, Pedro Bagaranca, berpendapat bahwa adanya perubahan atau pergerakan bumi tersebut telah membuat rasi bintang sudah tidak lagi sesuai dengan tanggal lahir seseorang. Singkatnya, jika saat ini zodiakmu adalah Taurus dan kamu mengetahui bahwa zodiak tersebut berkarakter pemberani dan keras kepala. 

Padahal, bisa saja zodiakmu bukanlah Taurus dikarenakan adanya pergerakan tersebut. Maka dari itu, zodiak tersebut tidak relevan disambungkan dengan kepribadian tersebut. 

“Dengan penelitian tersebut, lalu apa saja ya hal yang dapat membentuk atau mempengaruhi kepribadian seseorang?”

Tanggal dan bulan lahir sudah diketahui bahwa tidak dapat dijadikan sumber valid untuk menentukan kepribadian seseorang. Terdapat berbagai macam faktor yang dapat mendukung pembentukan dan kepribadian seseorang. Salah satu yang mempengaruhi kepribadian seseorang menurut Psikologi adalah nature dan nurture. Nature merupakan faktor biologis yang diturunkan dari orang tua, sehingga dalam diri individu tersebut akan terdapat karakteristik genetik. Dalam hal ini, tentu saja akan mempengaruhi sifat dan karakter seseorang. Nurture adalah faktor yang berasal dari luar, yaitu lingkungan. Konsep dari nurture berkorelasi erat dengan interaksi sosial dan lingkungan, misalnya teman sebaya. Pengalaman sosial yang individu peroleh dapat membentuk kepribadian individu tersebut. Kedua aspek tersebut berbeda, tetapi dapat saling berpengaruh satu sama lain. Maka dari itu, diperlukannya keseimbangan keduanya agar pembentukan kepribadian dapat terbentuk dengan maksimal. 

Referensi:

Iola, C. (2022, June 30). Konsep Nature Dan Nurture. Psychology. Retrieved November 25, 2022, from https://psychology.binus.ac.id/2022/06/30/konsep-nature-dan-nurture/ 

Hardi, M. (2022, October 26). Mengenal lambang Zodiak dari Asal-usul hingga jenis-jenisnya! Gramedia. Retrieved November 25, 2022, from https://www.gramedia.com/best-seller/lambang-zodiak/ 

Oktriwina on, B. B. A. S., InsightsSeries, Z., & says:, Z. P. (2022, February 24). Ini Alasannya ilmuwan nggak percaya Zodiak – Serba-Serbi Zodiak. Zenius Blog – Tempatmu Menjelajahi Dunia Ilmu Pengetahuan. Retrieved November 25, 2022, from https://www.zenius.net/blog/percaya-zodiak 

Bisakah Melihat Kepribadian Seseorang Menurut Zodiak? Hello Sehat. (2019, August 27). Retrieved November 25, 2022, from https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/kepribadian-seseorang-menurut-zodiak/ 

Penulis: Dinda Lestari