PILMAPRES BINUS UNIVERSITY 2023

Pada tanggal 17 Maret 2023 telah dilaksanakan PILMAPRES atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di BINUS University, tepatya di Auditorium BINUS @Kemanggisan Kampus Aggrek. PILMAPRES adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) Republik Indonesia. PILMAPRES bertujuan untuk memberikan apresiasi pada mahasiswa/i terbaik yang siap untuk menjadi agen perubahan untuk menjadikan Indonesia lebih baik dengan fokus program Sarjana dan Diploma. Pada acara PILMAPRES, terdapat proses seleksi para kandidat terpilih dari fakultas dengan mempresentasikan gagasannya untuk mewakili BINUS University ke tahap selanjutnya, yaitu Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah III.

Pada tahun ini, terdapat 7 kandidat Mahasiswa Berprestasi dari BINUS University yang mewakilkan jurusannya, yaitu:

  1. Edward Hartanto Enrico Abadi – 2440077371 (Business Information Technology)
  2. Annisa Saptayulia Belvanugraha – 2501995572 (Food Technology)
  3. Delviana Pramata – 2440041661 (International Relations)
  4. Jessica Christabel Gan Р2501976075  (Film)
  5. Maevy Marvella – 2440094402 (Mobile Application and Technology)
  6. Olivia Valentina- 2440066286 (Marketing Communication)
  7. Thalea Christy Nathaniela – 2440111503 (Entrepreneurship – Business Creation @Malang)

Acara PILMAPRES 2023 dimulai dengan presentasi oleh para kandidat mengenai karya tulis ilmiah yang dinilai oleh 2 panelis, yaitu:

  1. Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.si – Psikologi
  2. Dr. Elidjen, S.Kom. MInfoCommTech, CIP, CKM

Setelah presentasi karya tulis ilmiah dari masing-masing kandidat, diadakan sesi tanya jawab oleh para panelis kepada para kandidat mengenai karya tulis ilmiah yang telah dipresentasikan. Kemudian, sesi kedua dilanjut dengan impromptu speech dari para kandidat yang dinilai oleh 2 panelis, yaitu:

  1.  Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA
  2. Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl.

Sesi impromptu speech dilanjutkan dengan penampilan oleh Shabrina Istaghfirlana sebagai Duta Bahasa Teravorit BINUS 2023 yang menyanyikan sebuah lagu dari Whitney Houston berjudul One Moment in Time.¬†Selain penampilan dari Shabrina, terdapat pembacaan puisi ciptaan Sutardji Calzoum Bachri yang berjudul “Tanah Air Mata” oleh Roni Sanderson Sokoy sebagai Duta Bahasa Terbaik BINUS 2023.

Puncak acara PILMAPRES adalah di mana diumumkannya pemenang MAWAPRES terbaik dan pemenang MAWAPRES terfavorit.

Selamat kepada Edward Hartanto Enrico Abadi dari jurusan Business Information Technology yang telah menjadi MAWAPRES Terbaik 2023!

Selamat kepada Thalea Christy Nathaniela dari jurusan Entrepreneurship – Business Creation @Malang yang telah menjadi MAWAPRES Teravorit 2023!

Serta selamat kepada seluruh kandidat mahasiswa berprestasi BINUS University 2023 terpilih. Semoga seluruh pemenang, kandidat serta partisipan PILMAPRES 2023 mendapat kesempatan untuk menjadi agen perubahan untuk menjadikan Indonesia lebih baik.