12 APRIL 2022, RUU TPKS RESMI DISAHKAN!

Gambar 1. Pengesahan RUU TPKS yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. (Suara.com/Novian)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang. Pengesahan ini dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 April 2022.

UU TPKS memasukkan sembilan bentuk tindak pidana kekerasan seksual, yaitu pelecehan seksual non-fisik, pelecehan seksual fisik, pemaksaan kontrasepsi, pemaksaan sterilisasi, pemaksaan perkawinan, kekerasan seksual berbasis elektronik, penyiksaan seksual, eksploitasi seksual, dan perbudakan seksual.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, menyampaikan kehadiran Undang-Undang TPKS akan menjadi pedoman bagi aparat dalam menghadapi dan menyelesaikan kasus-kasus kekerasan seksual. Selain itu, UU TPKS juga memenuhi kebutuhan hukum nasional untuk memberikan perlindungan bagi korban dan pemenuhan hak-hak korban secara tepat, cepat, dan komprehensif. Berdasarkan hal tersebut, UU TPKS merupakan komitmen bersama agar tidak ada ruang bagi kekerasan seksual di Negara Republik Indonesia.

Pengesahan UU TPKS dapat menjadi awalan untuk meminimalisir pelecehan seksual di Indonesia dan menciptakan Indonesia yang bebas dari kekerasan seksual.

Kami Himpunan Mahasiswa Psikologi BINUS mengucapkan Selamat atas disahkannya UU TPKS!

Mari kita kawal terus implementasinya. Semoga dengan disahkannya UU TPKS, dapat menyelesaikan atau bahkan menghapus kekerasan seksual di Indonesia, dan juga memberikan perlindungan lebih kepada perempuan & anak di Indonesia.

Referensi:

BBC News Indonesia. (2022, April 12). RUU TPKS disahkan setelah berbagai penolakan selama enam tahun, apa saja poin pentingnya? https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-61077691

Nurita, D. (2022, April 12). Breaking news: DPR sahkan RUU TPKS jadi undang-undang. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1581203/breaking-news-dpr-sahkan-ruu-tpks-jadi-undang-undang

Ramadhan, A. (2022, April 14). Tutup masa sidang DPR, puan singgung pengesahan RUU TPKS. KOMPAS.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/04/14/12071681/tutup-masa-sidang-dpr-puan-singgung-pengesahan-ruu-tpks