Latihan Dasar Kepemimpinan 2020

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN AKTIVIS HIMPSIKO 2020

PERSONA (PROFESIONALITAS, SINERGITAS, SOLIDARITAS, INOVATIF, ASPIRATIF)

    Pada hari Sabtu sampai dengan Minggu, tanggal 14-15 Maret 2020 telah dilaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Aktivis HIMPSIKO 2020 di Kampus Binus Kijang dan Kampus Binus Syahdan, Jakarta Barat. Setiap tahunnya, HIMPSIKO selalu mengadakan LDK Aktivis guna mendapatkan sumber daya manusia yang baik, berkompeten, dan berkualitas. Apabila sumber daya di dalamnya baik, maka diharapkan HIMPSIKO dapat menjadi himpunan yang semakin maju dan baik pula ke depannya, demi terwujudnya visi HIMPSIKO yaitu menjadi himpunan mahasiswa psikologi yang dapat dikenal di tingkat nasional. Dengan diadakannya latihan dasar kepemimpinan ini, diharapkan para calon aktivis dapat memiliki beberapa value atau nilai yang tentunya sangat penting untuk keberlangsungan sebuah organisasi yang baik. Nilai-nilai yang ingin dicapai pada latihan dasar kepemimpinan tahun ini adalah profesionalitas, sinergitas, solidaritas, inovatif, dan aspiratif.

    Dalam LDK HIMPSIKO 2020, kelima value atau nilai tersebut dijadikan sebuah tema acara yang kemudian disatukan menjadi satu kata, yaitu “PERSONA” (Profesionalitas, Sinergitas, Solidaritas, Inovatif, dan Aspiratif). Persona sendiri dalam dunia psikologi memiliki arti wajah atau topeng yang digunakan seseorang ketika berhadapan dengan publik. Persona mencerminkan persepsi masyarakat terhadap peran yang harus dimainkan oleh seseorang dalam hidupnya. Sehingga, melalui LDK ini diharapkan aktivis dapat memilih kelima value atau nilai tersebut sebagai persona yang mereka tampilkan saat berorganisasi. Sebagai realisasinya, kelima value atau nilai yang ingin diraih ini dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan.

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, LDK HIMPSIKO 2020 dilaksanakan di lingkungan kampus. Hal ini dikarenakan virus corona yang semakin hari semakin luas penyebarannya. Kebijakan pemerintah dan pihak kampus pun melarang segala bentuk kegiatan ke luar kota. Dengan begitu, LDK yang dilaksanakan dalam dua hari tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga tetap dapat berjalan dengan efektif tanpa adanya kegiatan kontak fisik berlebih. Rangkaian kegiatannya diisi oleh berbagai materi yang disampaikan oleh pembicara, kegiatan focus group discussion, dan permainan-permainan yang memiliki value PERSONA. Kemudian pada hari kedua, diadakan pelantikan calon aktivis menjadi aktivis HIMPSIKO yang disahkan melalui pembacaan janji aktivis oleh seluruh peserta. Sebagai penutup, aktivis dan pengurus berbagi kesan dan pesan selama kegiatan LDK berlangsung dalam acara makan bersama untuk menambah suasana keakraban yang terjalin antar sesama anggota HIMPSIKO 2020.

Berikut dokumentasi dari kegiatan LDK 2020 :