Pelepasan Wisuda 55

Hawaiian Party : “Nyatakan perasaanmu sekarang sebelum menyesal!”

Pelepasan Wisuda 55 adalah acara perpisahan yang diselenggarakan jurusan Psikologi bagi para Binusian 2016 yang wisuda tanggal 26 November 2016 lalu. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 19 November 2016 dengan tema Hawaiian party yang sangat colorful – terutama ibu-ibu dosen juga colorful loh! Acara ini dipandu oleh Ray dan rekannya yang kece dan seru banget.

Acara ini diawali dengan doa bersama, sambutan dari Bapak Dr. Johannes Rumesser selaku Dekan Humaniora Binus University, Bang Raymond Godwind S.Si., M.Psi selaku Ketua Jurusan Psikologi Binus University, Nurlailad (2016) selaku ketua acara, dan Mella (2018) selaku perwakilan HIMPSIKO. Tidak ketinggalan Student Alumni Centre (SAC) juga memberikan sambutan dan presentasi yang menarik mengenai informasi perkumpulan alumni Binus University dan ga ketinggalan mengingatkan photobooth yang ada di acara wisuda nanti! 🙂

Setelah seluruh sambutan, presentasi dari Student Alumni Centre dilanjutkan dengan presentasi dari bu Antonina P. Juni, S.Sos., M.Si selaku Seskretaris Jurusan Psikologi Binus University yang memberikan informasi bagi seluruh angkatan 2016 perihal kelulusan dan wisuda nanti. Daannn akhirnya games pembuka dimulai! Games yang dibuat anak acara seru banget loh! Games pertama ini sangat melatih kecerdikan dan kelenturan tubuh para kakak-kakak 2016 – ahaha, karena mereka harus berpasangan dan melakukan instruksi yang diberikan anak acara dan ada dance time nya juga yaitu chicken dance! Games ini seru banget karena mereka harus melakukan instuksi seperti “jempol kaki kanan orang sebelah kiri harus bertemu lutut orang sebelah kanan” dan setiap diputar lagu chicken dance mereka harus mencari pasangan baru, dan yang kalah akan gantian jadi instuktornya – justru enak kalo kalah ya? Hahaha

Lalu games kedua I Love You, Do you love me back?. Games ini juga seru dan sangat menguji kepercayaan diri para kakak-kakak, meskipun udah 4 tahun kenal dan kuliah bareng, masih ada rasa canggung ga sih kalau main yang cinta-cinta begini? Nah, di games ini para kakak-kakak harus melepaskan sepatu mereka dan meletakkannya didepan kaki masing-masing sebagai penanda pos mereka. Pada sesi pertama Rey (2017) menjadi orang pertama yang mencari pasangan dan berkata I love you, do you love me back? Akan ada dua kemungkinan jawaban, yaitu iya atau tidak dan yang paling serunya adalah inilah saatnya para angkatan 2016 menyatakan perasaan mereka untuk yang terakhir kalinya di situasi kampus. “Nyatakan perasaanmu sekarang sebelum menyesal” kata salah satu panitia acara.

Video pesan dan kesan untuk angkatan 2016: Di wisuda nanti jangan lupa bawa pasangan masing-masing ya kak

Selain games, panitia acara juga mempersiapkan video pesan dan kesan dari seluruh dosen jurusan Psikologi dan psytroopers 2017-2018. Video ini menjadi kenang-kenangan bagi seluruh angkatan 2016 yang akan kangen akan suasana perkuliahan, baik di kampus Kijang yang merupakan kampus utama jurusan Psikologi dan kampus Binus lainnya. “Jangan lupa untuk main kesini (sambil menunjuk pintu jurusan)” kata bang Raymond, kesini maksudnya adalah ke jurusan Psikologi. Jurusan Psikologi akan selalu terbuka untuk menerima para alumni yang mau datang main, sharing, ataupun temu kangen dengan seluruh dosen Psikologi. Ga lupa pesan dan kesan dari junior angkatan 2016 yang mengucapkan selamat atas kelulusan mereka dan mengingatkan untuk membawa pasangan masing-masing – hahaha 

Pada acara kali ini kita juga kedatangan tamu spesial loh guys! Yaitu kakak alumni Psikologi Binus University, salah satunya adalah kak Adit yang merupakan senior sesepuh – ahaha. Kak Adit berbagi pesan dan kesannya selama berkuliah di Binus dan juga menyatakan penyesalannya. “Wah coba dulu jurusan Psikologi buat sweater atau baju Psikologi, saya nyesel nih ga punya karena temen-temen univ lain pada punya, hahaha” rasa bangga kak Adit akan jurusan Psikologi Binus University secara ga langsung ditunjukkan dari penyesalannya itu, kak Adit juga sharing pengalamannya bekerja dan dosen-dosen Psikologi yang dari dulu memang udah seru banget!

Tidak lupa ada penampilan dari Tama dkk yang membawakan lagu yang menambah enjoy suasana dan membuat seluruh angkatan 2016 turut ikut bernyanyi. Makanan yang ada juga enak-enak loh guys! Dari makanan kekinian sampai jajanan pasarnya enak-enak banget. Dekorasi meja prasmanannya juga menarik dan sangat sesuai dengan tema Hawaiian party. Pokoknya enak dan menarik banget dekorasinya! Selama makan siang dan sholat dzuhur video pesan dan kesan terus diputar sambil mengisi acara makan siang bersama.

Ga lupa anak acara mengajak angkatan 2016 untuk bermain games kembali hingga akhirnya acara puncak pada pelepasan wisuda 55 yaitu, Wishes Baloon. Setiap angkatan 2016 diberikan post-it untuk menuliskan harapannya untuk kedepannya, setelah menuliskan harapannya di post-it maka wishes itu ditempel di balon dan akan diterbangkan bersama dengan harapan bahwa wishes yang mereka tulis itu suatu saat nanti akan terwujud. Ga lupa, sebelum acara selesai foto bersama terlebih dahulu dengan wishes baloonnya! Maka berakhirlah acara pelepasan wisuda 55.

We wish you a success journey kak,

Tetap semangat pagi!

Penulis: Elyza Novia Kohar, Aktivis Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2016