About PsyOn

Psychology Championship (PSYON) 2016

(Rangkaian Kompetisi Psikologi Nasional)

 

Psychology Championship (PSYON) 2016 merupakan rangkaian kompetisi Psikologi bertaraf nasional yang memiliki tiga rangkaian lomba, yaitu cerdas cermat nasional, KRIPI (Kreativitas Psikologi) nasional, dan debat nasional yang dikhususkan bagi mahasiswa fakultas Psikologi se-Indonesia. Selain rangkaian lomba, PSYON juga mengadakan sebuah talk show dengan mendatangkan pembicara inspiratif. Cerdas cermat nasional merupakan sebuah kompetisi adu ketajaman berpikir dan menjawab pertanyaan-pertanyaan secara cepat dan tepat, dimana lomba ini akan melibatkan beberapa perspektif psikologi, seperti Urban Psychology, Social Psychology, Educational Psychology, Personality Psychology, Clinical Psychology, Experimental Psychology, Philosophy, Developmental Psychology, Research Method, dan Abnormal Psychology.

Debat nasional merupakan ajang beradu argumentasi, dimana dalam lomba ini khususnya melibatkan perspektif Social Psychology, dengan menggunakan dua sistem pada saat lomba berlangsung, yaitu sistem group point dan sistem gugur. Kemudian KRIPI nasional merupakan ajang lomba karya ilmiah bertaraf nasional yang bertujuan untuk menampung ide-ide kreatif dan meningkatkan daya imajinatif mahasiswa fakultas Psikologi se-Indonesia. Mahasiswa dapat mencurahkan ide-ide kreatif dalam membahas isu-isu sosial dan mencari solusi dari isu tersebut dalam bentuk karya ilmiah.

Rangkaian kompetisi Psikologi nasional ini mengangkat tema Social Issues in Indonesia’s Big Cities”. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kota, dimana tidak luput dari isu-isu sosial. Isu-isu sosial ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang ketika melakukan kontak sosial tidak mampu menghindari isu sosial tersebut, sehingga isu sosial ini merupakan fenomena menarik untuk dibahas dalam rangkaian acara ini.

Dengan diadakannya rangkaian kompetisi Psikologi nasional ini, bertujuan mengajak mahasiswa fakultas psikologi se-Indonesia untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan akademis dan mengkaji isu-isu sosial pada kota besar di Indonesia, serta mencari solusi yang tepat mengenai isu-isu sosial tersebut dari beragam perspektif Psikologi dengan berpikir secara logis, kritis, tajam, dan kreatif.

 

Pembayaran dapat ditransfer ke :

Bank BCA

No Rek. 5271347457

a/n Esa Nauli S