Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK A) HIMPGSD 2020

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK A)

Latihan Dasar Kepemimpinan atau biasa disingkat menjadi LDK merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan dan melatih sikap kepemimpinan yang dimiliki peserta kegiatan tersebut. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh guru atau pengurus OSIS ataupun pengurus organisasi kemahasiswaan yang dilakukan guna meningkatkan kualitas dari siswa atau mahasiswa yang mengikuti kegiatgan LDK tersebut. Bagi para mahasiswa atau mahasiswi yang mengikuti sebuah organisasi, himpunan, dan unit kegiatan wajib untuk mengikuti kegiatan LDK karena pada suatu organisasi diperlukan sikap kepemimpinan baik bagi pengurus ataupun anggotanya untuk dapat mengatasi segala masalah yang akan ditemui dalam mencapai tujuan organisasi.

Selain menumbuhkan rasa kepemimpinan, LDK juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk menumbuhkan dan mempererat rasa kekeluargaan para peserta LDK tersebut. Namun, kegiatan LDK ini dapat menimbulkan efek yang berlawanan apabila yang membawa kegiatan ini tidak menjalankan acara dengan sungguh-sungguh. Sebagai contoh, apabila ada sesi dimana para peserta dimarahi atau disikapi dengan tegas dan kemudian orang yang menyikapi atau memarahi tersebut justru mengulangi hal yang ia katakan, maka para peserta tidak akan menganggap perkataan dari orang tersebut serius dan akan dihiraukan.

Kegiatan LDK yang dibahas kali ini adalah kegiatan LDK A atau LDK Aktivis yang tujuannya lebbih difokuskan untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan dan kekeluargaan yang diperlukan seorang aktivis untuk berfungsi dengan optimal di sebuah organisasi. LDK A ini merupakan kegiatan wajib yang diperlukan para calon aktivis untuk mendapat gambaran mengenai tugas yang akan mereka dapatkan dan program kerja organisasi serta pengenalan mengenai organisasi tersebut juga pengurus organisasi yang sedang menjabat.

Pada tanggal 05 Maret hingga 06 Maret 2020, HIMPGSD mengadakan kegiatan LDK A yang ditujukan untuk melatih para calon aktivis HIMPGSD 2020. Kegiatan ini dilakukan pada dua lokasi yang berbeda. Pada tanggal 05 Maret 2020, kegiatan dilakukan di BINUS UNIVERSITY Kampus Syahdan tepatnya pada ruang “Creative Space Syahdan” dan pada tanggal 06 Maret 2020, kegiatan dilakukan di Pulau Situ Gintung 3.

LDK A HIMPGSD kali ini menjadikan aspek solidaritas, kekeluargaan, dan disiplin sebagai tujuan utama dari kegiatan LDK A karena sebulan sebelum kegiatan, kami memberi beberapa tugas singkat guna mengukur dan mengobservasi aspek apa saja yang para calon peserta ini masih kurang dan butuh untuk ditingkatkan dan hasilnya menunjukan bahwa aspek solidaritas, kekeluargaan, dan disiplin mereka masih sangat perlu ditingkatkan untuk menjadi aktivis yang dapat berfungsi dengan baik.

Pada saat kegiatan pada 05 Maret 2020, kegiatan diawali dengan apel pembukaan dan para pengurus sudah mulai memperlakukan peserta dengan tegas serta mulai membatasi bahasa yang digunakan menjadi bahasa yang sopan, kemudian dilakukan sesi evaluasi untuk menyadarkan peserta kesalahan yang telah mereka lakukan selama acara dimulai untuk membuat mereka dapat merefleksikan kesalahan mereka. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan HIMPGSD dan pemberian materi proker serta administrasi dan keuangan. Setelah itu dilakukan games perkelompok untuk menstimulan rasa kerja sama mereka dan acara diakhiri setelah makan malam bersama dan doa penutup untuk sesi pada hari tersebut.

Pada tanggal 06 Maret 2020, para peserta diminta untuk berkumpul sebelum jam 7 pagi di BINUS UNIVERSITY Kampus Kijang dan pada tepat jam 7, para peserta dan pengurus berangkat menggunakan bus yang disediakan BINUS menuju Pulau Situ GIntung 3. Setelah tiba para peserta diarahkan menuju hall yang sudah disiapkan para pengurus dan acara dimulai dengan doa dan ice breaking sebelum mulai masuk pada pembawaan materi divisi-divisi yang ada di HIMPGSD. Pada saat pembawaan materi, para peserta diberi tugas interaktif per kelompok seperti perencanaan cari dana untuk divisi danus guna memberi mereka gambaran bagaimana tugas mereka per divisi nantinya. Setelah itu dilakukan sesi evaluasi lagi untuk melihat perkembangan mereka dari sesi evaluasi sebelumnya dan kesalahan yang harus mereka perbaiki. Kemudian dilakukan sesi sharing dan pemberian penghargaan pada kelompok yang paling kreatif. Kegiatan kemudian ditutup dengan apel penutup dan pada pukul 7 malam, para peserta serta pengurus berangkat kembali dengan bus menuju BINUS UNIVERSITY Kampus Kijang.

Di Kampus Kijang, para pengurus dan peserta makan bersama dan setelah ditutup dengan doa dan foto Bersama, kegiatan LDK A HIMPGSD pun telah selesai dilaksanakan dan para peserta serta pengurus pulang kerumah masing-masing.