Pra LDK Aktivis HIMPGSD dan LDK Aktivis HIMPGSD 2024 

Pra LDK Aktivis HIMPGSD dan LDK Aktivis HIMPGSD 2024 

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) sebuah organisasi kemahasiswaan yang berada dibawah BINUS University, didirikan pada tanggal 28 Oktober 2016, secara resmi diresmikan pada 13 Januari 2017, berlokasi di Kampus Kijang. Organisasi ini bertujuan untuk menjadikan HIMPGSD BINUS sebagai wadah kemahasiswaan yang memberikan dukungan dalam pengembangan diri mahasiswanya. HIMPGSD BINUS berkomitmen untuk menjadi organisasi yang kolaboratif, inovatif, dan inspiratif, dengan fokus pada kemajuan pendidikan nasional. Dengan sejarah dan tujuan yang kuat, HIMPGSD BINUS menjadi bagian integral dalam membentuk mahasiswanya menjadi individu yang berkontribusi positif dalam dunia pendidikan. 

Oleh karena itu untuk menunjang terlaksananya tujuan HIMPGSD kami melaksanakan kegiatan tahunan untuk menyambut binusian 27 sebagai mahasiswa baru jurusan PGSD Binus University. Yang nantinya akan secara bersama menjadi anggota dan meneruskan kepengurusan di HIMPGSD. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 rangkaian yairu Pra LDK Aktivis dan LDK Aktivis HIMPGSD 2024. Kegiatan Pra LDK diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2023 dan kegiatan LDK Aktivis Day1-2 dilaksanakan pada tangal 5-6 Januari 2024 yang berlokasi di Kampus Kijang dan Citra Alam Riverside, Bogor. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan menciptakan karakter kepemimpinan serta bounding antara calon aktivis dan pengurus HIMPGSD. 

Pra LDK Aktivis HIMPGSD 2024 dibuka dengan pemberian kata sambutan dari Ketua Umum HIMPGSD 2023/2024 yaitu Dhea Maharani, Ketua Umum terpilih Anandi Lintang Utari, dan Ketua Pelaksana yaitu Agustina Fransisca Herman. Kegiatan Pra LDK dibawakan oleh Teresa Putri Anggreni dan Maria Dominika Lamoren sebagai MC yang berhasil memandu acara dari awal hingga akhir dengan baik.  Selanjutnya setiap peserta yang sudah dibagi kelompok beserta PIC nya duduk bersama dan  mulai mengerjakan penugasan dari setiap departemen HIMPGSD yang diawali dengan penugasan pertama yaitu membuat proposal sponsor terkait paket sponsorship  dari Departemen Dana Usaha. Penugasan kedua adalah membuat artikel dan mencari informasi tentang suatu kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan yang berdampak bagi masyarakat dari Departemen Pendidikan. Lalu dilanjutkan dengan penugasan dari Departemen Sumber Daya Manusia yaitu membuat 1 program rutin beserta rundown untuk bonding antara pengurus dengan aktivis. Penugasan keempat oleh Departemen Hubungan Masyarakat yaitu Afu Widiyanti selaku koordinator HUMAS melakukan review dan QnA atas tugas yang sudah diberikan sebelumnya yaitu membuat feeds instagram mengenai sebuah hari peringatan + fun fact (yang berkaitan) disertai dengan caption. Terkahir penugasan ditutup oleh Departemen Minat dan Bakat dimana setiap kelompok menampilkan bakat mereka yang sudah mereka latih sebelumnya. Tentunya sesi penugasan ini diselingi dengan ice breaking untuk mencairkan suasana para peserta calon aktivis.  

Hari pertama LDK Aktivis HIMPGSD 2024 diawali dengan Apel pembuka dan kata sambutan yang diberikan oleh Ketua Jurusan yaitu Bapak Wahyu Setioko, S.Si, M.A., Ph.D. dan Pak Jimmy Sapoetra S.S., M.Pd. selaku Student Organization Advisor (SOA). Kegiatan LDK Aktivis hari pertama dibawakan oleh MC yang berbeda dan tidak kalah hebatnya yaitu Lidya Mutiara Boaully Marbun dan Geraldine Nur Brigitta Wowor Smout. LDK Aktivis kali ini memfokuskan peserta untuk menyimak materi yang dibawakan oleh Bapak Jimmy Sapoetra S.S., M.Pd. selaku Student Organization Advisor (SOA) dan para wanita tangguh yang cantik-cantik dari kepengurusan periode 2024/2025 yaitu Anandi Lintang Utari selaku Ketua Umum Terpilih HIMPGSD 2024/2025, Kerenhapukh Anugraherni selaku Sekretaris Umum, Anna Michella Franya Franditasari selaku Bendahara Umum, Grace Minar Firstiany selaku Quality Control yang membahas tentang program dan fungsi dari setiap jabatan di HIMPGSD 2024/2025. Lalu dilanjutkan oleh penjelasan terkait materi-materi Departemen oleh setiap Koordinatornya. Disetiap sesinya terdapat Pre-questioning, QnA dan Post-Questioning yang dibuat dengan tujuan setiap peserta dapat memahami materi dengan baik dan mengetahui pencapaian pengetahuan yang mereka miliki.  

Hari kedua yaitu hari terakhir pelaksanaan kegiatan LDK Aktivis HIMPGSD 2024 ini merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta karena kegiatan ini akan dilaksanakan diluar kampus BINUS. Panitia dan peserta berkumpul di Admisi BINUS Anggrek untuk melaksanakan briefing kegiatan dan pembagian bus untuk para peserta. Sesampainya dilokasi tempat pelaksanaan kegiataan, panitia dan peserta berkumpul di aula dan mempersiapkan acara. Seperti hari sebelumnya para peserta diadampingi oleh MC yang sangat keren yaitu Anna Michella Franya Franditasari dan Shabrina Istagfirlana.  

Kegiatan dibuka dengan sarapan pagi dari makanan ringan yang telah disiapkan panitia lalu dilanjutkan dengan kata sambutan. Para peserta menonton bersama terkait cuplikan Harry Potter yang menyangkut Leadership lalu peserta menuliskan sedikit refleksi dari cuplikan yang telah mereka tonton bersama. Kegiatan selanjutnya adalah sesi sharing session yang dibawakan oleh Dhea Maharani tentang “Mastering University Organization Magic”. Setiap rangkaian kegiatan diselingi dengan ice breaking untuk mengembalikan semangat peserta. Setelah rangkaian acara diaula telah selesai para peserta diminta untuk bersiap-siap untuk bermain games yang telah disiapkan panitia, dimana games dibagi menjadi 6 pos dengan permaiann yang berbeda-beda. Setiap kelompok harus menyelesaikan permainan untuk mendapatkan potongan puzzle, dimana nantinya setiap potongan puzzle akan mendapatkan poin 

Peserta mengikuti games dengan sangat antusias hingga baju mereka basah terkena air hujan dan juga tercebur kedalam kolam renang. Kegiatan yang sangat mengembirakan tersebut diakhiri dengan Apel pelantikan Aktivis HIMPGSD periode 2023/2024, pengumuman pembagian departemen, sekaligus penutupan LDK Aktivis HIMPGSD 2024. Setiap rangkaian kegiatan didokumentasikan mulai dari Pra-LDK sampai LDK Aktivis hari kedua agar setiap peserta dan panitia tidak melupakan momen kebersamaan ini.  Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap peserta dapat memperoleh pengetahuan baru, memahami tugas dan tanggung jawab baru dan mampu membangun kerja sama yang baik antara setiap pengurus dan aktivis lainnya di HIMPGSD. Dengan begitu setiap panitia dapat belajar dari setiap evaluasi yang telah disampaikan dan berusaha untuk semakin meningkatkan kompetensi untuk mengembangkan tanggung jawab yang lebih besar dikepengurusan yang akan datang. 

Kerenhapukh Anugraherni