LDK Calon Pengurus HIMPGSD 2023

LDK Calon Pengurus HIMPGSD 2023

HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) BINUS University adalah Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University yang berbentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HIMPGSD didirikan pada 28 Oktober 2016 dan diresmikan pada 13 Januari 2017 yang dibina oleh Student Club & Activity Center. HIMPGSD dibuat sebagai wadah pengembangan karakter, kreativitas, dan akademik mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyalurkan aspirasi, pemberdayaan, dan pemersatu mahasiswa PGSD BINUS University. Maka dari itu, program kerja yang dirancang dalam organisasi himpunan ini tentu saja memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa jurusan PGSD untuk bisa berkembang dalam berbagai bidang terutama Pendidikan.

Pada kesempatan kali ini, HIMPGSD kembali menyambut calon pengurus baru yaitu Binusian 2026 dalam kegiatan LDK Calon Pengurus HIMPGSD 2023 yang diselenggarakan satu  hari dengan tujuan dapat saling mengenal karakter, kemampuan, dan minat setiap Binusian 2026 yang nantinya akan meneruskan kepengurusan HIMPGSD selanjutnya. LDK Calon Pengurus HIMPGSD 2023 diadakan pada tanggal 12 Mei 2023 di Kampus Syahdan.

LDK Calon Pengurus HIMPGSD 2023 dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Rifdah Athirah, dan ketua umum HIMPGSD 2023/2024,  Dhea Maharani. Kegiatan ini dibawakan oleh Dimas Ibnu Jatikusumo yang akhirnya sukses membimbing para calon pengurus dari awal hingga akhir kegiatan. Selanjutnya, peserta bersama kelompok menampilkan yel-yel yang sudah dibuat sebelum acara untuk meningkatkan semangat dan kefokusan peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para Pengurus HIMPGSD 2022/2024 dan 2023/2024 yaitu Dhea Maharani selaku Ketua Umum, Nicole Joan Yovini selaku sekretaris, Dian Zulyanti selaku Bendahara, Lorensia Ria Audini selaku Quality Control HIMPGSD 2023/2024, dan Anita Puspita Sari selaku Bendahara HIMPGSD 2022/2023. Pemaparan materi sekretaris dan bendahara diselingi dengan permainan yaitu “123” yang dimainkan oleh peserta agar dapat mengembalikan semangatnya kembali dalam mengikuti setiap materi. Kemudian pada materi Quality Control, panitia dan peserta acara melakukan diskusi mengenai masalah internal yang terjadi akhir-akhir ini di HIMPGSD. Tujuannya adalah untuk meluruskan pandangan setiap pengurus dan peserta HIMPGSD agar mempunyai satu visi dan misi yang sama yaitu membuat HIMPGSD lebih maju lagi.

Setelah mendengar dan menyimak materi, panitia memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk berdiskusi. Topik diskusi setiap kelompok berbeda-beda, Kelompok Narwhal bertugas untuk membuat surat undangan acara yang diadakan HIMPGSD, Kelompok Iguana bertugas untuk mengerjakan soal anggaran, Kelompok Toucan bertugas untuk membuat 3 inovasi branding internal dan eksternal yang cocok diterapkan untuk HIMPGSD, dan Kelompok Yak bertugas untuk membuat struktur organisasi HIMPGSD. Kemudian setiap tugas tersebut dipresentasikan dan dinilai oleh pengurus HIMPGSD yang menjadi pembicara.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengumumkan kelompok terbaik, yang jatuh kepada kelompok Iguana. Penilaian kelompok terbaik diakumulasikan dari poin keaktifan setiap kelompok dalam bertanya, menjawab, dan memenangkan permainan. Selanjutnya, peserta bersama panitia melakukan dokumentasi dengan foto bersama dan ditutup dengan doa penutup oleh Imelda Evania. Selain itu, peserta dihimbau kembali untuk melakukan pengisian form peminatan dan penilaian Pengurus HIMPGSD 2023/2024 dan presensi sebagai bukti kehadiran peserta.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap peserta dapat memperoleh pengetahuan baru, memahami tugas dan tanggung jawab baru, serta mampu membangun kerja sama yang baik dengan aktivis dan pengurus HIMPGSD lainnya. Selain itu, diharapan setiap panitia juga dapat mempelajari hal baru dari tugas dan evaluasi yang telah diadakan dan semakin berusaha untuk meningkatkan kompetensi untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar di kepengurusan yang akan datang.

Lorensia Ria Audini