Creative Freelancer Powered by Crowdbees

Creative Freelancer Powered by Crowdbees

Crowdbees BINUS University menyelenggarakan seminar dan talkshow berjudul Creative Freelancer yang dibagi menjadi tiga sesi di hari yang sama yaitu Rabu, 10 Mei 2023. Ketiga sesi tersebut dapat diikuti oleh setiap Binusian yang ada di Kampus BINUS @Kemanggisan @Alam Sutera @Senayan @Bekasi @Bandung @Semarang dan @Malang secara onsite maupun online. Kegiatan onsite diadakan di Kampus BINUS @Alam Sutera di Ruang Auditorium, sedangkan seminar dan talkshow online diadakan melalui Zoom Meeting App.

Sesi pertama yang dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 bertemakan tentang Branding dan mengundang tiga orang pembicara ternama yang telah memiliki banyak pengalaman dan wawasan di bidang yang ditekuni. Pembicara tersebut adalah Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn. selaku Lecturer of New Media, School of Design, BINUS UniversityEveline Irene Anton, S.Sn. selaku UX Product Designer of GOJEK Indonesia, dan Devina Adyasa, S.Sn. selaku UI Product Designer of TOKOPEDIA. Ketiga pembicara dalam Sesi Branding ini menjelaskan keterkaitan antara Branding, User Interface, dan juga User Experience. Sebuah produk dapat melekat dalam diri seorang user, jika produk tersebut memiliki tampilan yang baik, yang mampu membuat user merasa tertarik terhadap produk yang dipasarkan. Selain itu, kenyamanan user juga menjadi aspek yang penting dalam merancang sebuah produk, yaitu apakah produk tersebut mampu memberikan kesan yang positif dan mampu diingat oleh user dan melekat dalam ingatan dan keseharian mereka atau sebaliknya. Maka dari itu, untuk menciptakan sebuah produk barang atau pun jasa yang memiliki value, perancang harus memperhatikan berbagai aspek yang akan mempengaruhi branding produk tersebut dan tentunya tujuan produk dibuat sehingga tidak hanya bisa menarik perhatian user, tetapi juga dapat membuat user nyaman dan mau menggunakan produk untuk jangka waktu yang panjang.

Sesi selanjutnya yang dimulai pukul 13.00 hingga 15.00, yaitu Sesi Illustration & Art yang dibawakan oleh Mohammad Taufiq aka EMTE, seorang Illustrator dan Artist dan Andreas, S.Sn., M.Ds., Lecturer of Visual Communication Design, Digital Illustration Class, School of Design, BINUS University. Para pembicara menjelaskan mengenai dunia ilustrasi dan teknik yang tepat dalam menciptakan sebuah produk atau ilustrasi yang akan dipasarkan. Selain itu, pembicara juga menjelaskan bahwa dunia seni khususnya bidang ilustrasi dapat dijadikan sebuah penghasilan yaitu melalui freelancer. Pembicara menceritakan pengalamannya berkarya dalam dunia kerja freelancer, memberikan trik – trik yang bisa dilakukan jika ingin menjadi seorang freelancer yang salah satunya adalah dengan membuat portfolio yang nantinya bisa membawa diri berkarya di dalam maupun luar negeri, hingga memberikan audience motivasi untuk terus mencari tahu dan mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki.

Sesi seminar dan talkshow Creative Freelancer diakhiri dengan Sesi Film yang dibawakan oleh Ekky Imanjaya, S.S., M.Hum., M.A., Ph.D. yaitu Lecturer of Film, School of Design, BINUS University dan Gatot Subroto, S.Kom., M.Sn. yaitu Director and Founder of Rumah Penulisan yang diadakan pada pukul 15.00 – 17.00. Sesi terakhir ini menjelaskan mengenai berbagai hal mengenai dunia perfilman dibalik layar. Pembicara memberikan materi tentang pengalaman bagaimana sebuah naskah film dibuat, cara menulis naskah yang mampu menciptakan film yang berkualitas tinggi, dan tak lupa pembicara memberikan banyak wawasan dan menampilkan berbagai film yang merupakan karyanya yang tentunya memiliki kulitas sangat baik dan inspiratif.  Melalui cuplikan – cuplikan film yang ditayangkan, tidak hanya pengetahuan baru saja yang dapat audience peroleh, tetapi juga hiburan dengan durasi singkat yang menimbulkan rasa penasaran akan ilmu – ilmu lainnya yang bisa didapatkan dalam dunia perfilman ini.

Maka dari itu, diharapkan penyelenggaraan kegiatan seminar dan talkshow Creative Freelancer ini menginspirasi seluruh mahasiswa BINUS University untuk terus mengembangkan minat, bakat, kreativitas, kualitas, serta nilai diri melalui branding dan pengembangan teknologi terutama di bidang seni seperti ilustrasi dan juga film.

Nicole Joan Yovini