SPECTRE: Sport and Art Traditional Festival

Artikel SPECTRE: Sport and Art Traditional Festival

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) merupakan salah satu organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang berada di University. HIMPGSD merupakan suatu wadah bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mengembangkan karakter, kreativitas, solidaritas hingga akademik mahasiswanya.

Pada kesempatan kali ini, HIMPGSD telah mengadakan sebuah acara inovasi bersifat nasional yang bernama ‘SPECTRE: Sport and Art Competition Traditional Festival’ dan akan diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2023 yang berlokasi di Art:1 New Museum, Jakarta Utara. Acara ini bertemakan NUSANTARA yang merupakan singkatan dari “Nuansa Satuan Karya” dan bertujuan untuk memperkenalkan budaya tradisional Indonesia yang sangat kaya.

Acara Spectre dibuka dengan sangat meriah oleh kedua MC, Ruth Gracia dan Lorensia Ria Audini. Para peserta diminta untuk berdiri dalam melaksanakan doa pembuka yang dipimpin oleh Benediktus Bagas dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Jauzaa Putri Addin. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pelaksana yaitu, Salma Nabila Putri dan ketua umum HIMPGSD 2023/2024 yaitu, Dhea Maharani.

Para MC melanjutkan acara dengan mengajak para peserta untuk menyerukan tagline yaitu, “NUSANTARA: Milik Anak Bangsa”. Setelah menyerukan tagline, acara dilanjutkan dengan pembukaan talkshow. Adapun talkshow yang dilaksanakan dengan tema “The Art of Teaching” bersama kedua narasumber, Ibu Dr. Olifia Rombot, S.Sos., S.Pd., M.Pd. yang merupakan Dosen PGSD BINUS University dan Ibu Siti Chadijah, S.Sn., M.Sn. yang merupakan Dosen Desain Interior BINUS University.

Setelah mendengar sesi talkshow dari kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan penampilan seni yang dilakukan oleh para anggota HIMPGSD. Penampilan pertama ialah menyanyikan lagu-lagu daerah yang dibawakan oleh Shabrina Istaghfirlana, kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari tradisional oleh SPECGIRLS yang beranggotakan Dhea Maharani, Salma Nabila Putri, Rifdah Athirah, Agustina Fransisca Herman, dan Jauzaa Putri Addin. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba digital poster kepada Risma Islami Elisya P. dari SMA 3 Tangerang selaku Juara 1, Dias Marisa dari Universitas Pendidikan Indonesia selaku Juara 2, dan Tristia Layla Indriani dari Universitas Pendidikan Indonesia selaku Juara 3. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan istirahat bersama sekaligus melaksanakan shalat jumat.

Acara kembali dimulai setelah sesi istirahat selesai. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba “Permainan Ular Tangga”. Permainan ini dilakukan oleh para peserta secara berkelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. Para peserta bermain secara kompetitif untuk mencapai garis finish. Lomba ini berakhir dalam waktu 32 menit dan dimenangkan oleh kelompok 2. Setelah menyelesaikan kegiatan lomba, acara dilanjutkan dengan tur museum Art:1 New Museum untuk para peserta.

Para peserta kembali ke lokasi utama acara setelah sesi tur museum. Acara dilanjutkan dengan mini games untuk memberikan doorprize pada peserta dan pemberian hadiah lomba “Permainan Ular Tangga” pada kelompok 2 selaku pemenang. Setelah itu, acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan doa bersama. Para peserta meninggalkan lokasi dengan membawa goodiebag yang berisikan barang dari rekan-rekan sponsor, yakni BMW Astra, Fitbar, dan Hydro Coco.

Melalui penyelenggaraan acara ini, HIMPGSD sangat berharap untuk dapat menciptakan serta mengembangkan acara inovasi yang menginspirasi bagi masyarakat. HIMPGSD juga berharap para peserta yang telah mengikuti acara Spectre ini mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baru yang berkesan.

Rifdah Athirah