Pemilihan Umum Ketua HIMPGSD Periode 2022/2023

HIMPGSD BINUS University merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang berada di perguruan tinggi Bina Nusantara. Seperti halnya organisasi pada umumnya, HIMPGSD BINUS University juga memiliki hierarki dalam keanggotaannya, mulai dari anggota, aktivis, pengurus, dan DPI (Dewan Pengurus Inti). Struktur kepengurusan organisasi HIMPGSD bertujuan agar setiap visi dan misi dari HIMPGSD dapat tercapai dan juga terlaksana.Untuk itu, setiap anggota pengurus memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing demi untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh HIMPGSD.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bulan Oktober merupakan bulan dimana semua Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University akan meregenerasi keanggotaannya melalui pemilu. Pemilu atau Pemilihan Umum merupakan sebuah proses pemilihan seseorang untuk mengisi suatu jabatan tertentu, biasanya untuk menggantikan seorang pemimpin. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyeleksi calon-calon pemimpin hingga akhirnya terpilih pemimpin terbaik sesuai dengan mekanisme penilaian yang berlaku. Pemilu biasanya kita dengar pada saat pemilihan presiden di suatu negara. Namun, pada sebuah organisasi di perguruan tinggi, pemilu juga dilakukan untuk memilih seseorang yang layak untuk menjadi ketua dari organisasi tersebut. 

Kegiatan pemilu HIMPGSD periode 2022/2023 dimulai dari tanggal 9 Oktober 2021 sampai dengan 23 Oktober 2021. Kegiatan pemilu HIMPGSD ini memiliki beberapa rangkaian acara yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu kampanye dan pemilu. Kampanye dilakukan oleh para calon untuk memaparkan visi, misi, dan juga program kerja kepada seluruh mahasiswa PGSD, Jurusan PGSD (Dosen), dan juga Student Organization Advisor (SOA). Setelah para calon melaksanakan kampanye, seluruh mahasiswa PGSD akan melakukan pemungutan suara secara demokrasi untuk menentukan ketua dari organisasi HIMPGSD periode selanjutnya. 

Dari tahun ke tahun, HIMPGSD melaksanakan pemilu dengan menggunakan menggunakan sistem voting. Voting tahun ini diadakan secara online dengan menggunakan Microsoft Forms sebagai media dalam pemungutan suara. Hasil dari voting akan diakumulasikan dengan penilaian presentasi kepada jurusan, SOA, dan pengurus HIMPGSD periode 2021 hingga pada akhirnya didapatlah satu nama yang terpilih untuk menjadi ketua untuk periode selanjutnya.