LDK AKTIVIS HIMPGSD 2021

LDK-A merupakan singkatan atau kependekan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis. LDK-A ini merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Nusantara (HIMPGSD BINUS) periode kepengurusan tahun 2021. HIMPGSD BINUS sendiri adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk oleh salah satu program studi (prodi) pada fakultas Humaniora di Universitas Bina Nusantara yaitu program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Seperti namanya, LDK-A ini diperuntukkan bagi para aktivis HIMPGSD BINUS yang baru bergabung. Tujuan utama dari kegiatan LDK-A ini adalah agar para aktivis baru dapat berbaur dengan anggota HIMPGSD BINUS lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga mempunyai tujuan lain seperti untuk lebih memperkenalkan HIMPGSD BINUS pada para aktivis baru, mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar anggota, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan para aktivis.

Tahun ini, kegiatan LDK-A mengambil tema “Leadership for Successful”. Pengambilan tema tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan kepada para peserta LDK-A betapa pentingnya keterampilan kepemimpinan dalam meraih kesuksesan. Tema tersebut juga diwujudkan dalam kegiatan LDK-A dengan membuat aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta menunjukkan bagaimana “leadership” yang baik. Oleh karena itu, sebagian besar aktivitas dalam kegiatan ini merupakan aktivitas kelompok agar para peserta dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka melalui praktik secara langsung.

Selain materi tentang HIMPGSD BINUS, materi yang diberikan pada LDK-A 2021 ini adalah materi yang berguna untuk menunjang peningkatan keterampilan kepemimpinan peserta. Materi tersebut adalah materi “leadership” dan “self management”. Hal ini karena untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan itu sendiri, peserta haruslah tahu bagaimana leadership yang benar. Lalu, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, seseorang harus tahu bagaimana untuk me-manage dirinya terlebih dahulu. Self management yang baik juga merupakan salah satu aspek dari keterampilan kepemimpinan yang baik.

LDK-A 2021 ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 12 Maret 2021 – 13 Maret 2021. LDK-A ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting di rumah masing-masing. Selama kegiatan berlangsung, para panitia LDK-A 2021 berusaha membuat acara semenyenangkan mungkin. Salah satunya dengan menyisipkan game kecil di tengah kegiatan. Panitia juga selalu bersikap ramah pada peserta untuk membangun rasa kekeluargaan dan kesatuan antar anggota. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan agar para peserta yang notabene merupakan anggota baru dalam HIMPGSD BINUS dapat segera berbaur dengan anggota lainnya. LDK-A 2021 ini diikuti oleh 19 orang peserta yang merupakan mahasiswa/i prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Nusatara angkatan Binusian 2024.

 

Sekar Dianingtyas