TIPS : MEMBUAT CATATAN MENARIK DIBACA

Pernah kah kalian saat mencatat dikelas atau dimanapun tulisan tangan kalian rapi dan menarik untuk dibaca? Beberapa orang mungkin bisa mencatat dengan rapi dan menarik, contohnya orang visual yang dapat mudah mengerti suatu materi dengan ilustrasi gambar. Berikut tips dan metode mencatat, agar catatan kalian dapat rapi dan menarik serta mudah dibaca.

Pertama, siapkan pena lebih dari satu warna. Agar saat mencatat dibuku, warna nya tidak monoton hitam dan  putih saja, melainkan ada warna-warna yang menghiasi sedikit dalam warna monoton tersebut.

Kedua, fokus pada konsep utama dan kata. Catat lah bagian-bagian materi yang disampaikan guru yang relevan dengan materi, biasanya kata kunci dari materi dijelaskan secara rinci oleh guru.

Ketiga, gunakan berbagai metode dalam mencatat. Salah satu metode yang dapat diikuti yaitu, mind map yang adalah teknik grafis yang kuat yang menyediakan kunci universal untuk membuka potensi otak. Ini menggunakan berbagai keterampilan kortikal – kata, gambar, angka, logika, irama, warna dan kesadaran spasial – dengan cara yang unik dan ampuh (Tony Buzan). Jika menurut kalian mind map agak sulit, kreasikan catatan kalian dengan bikin tabel, grafik, susunan rangkaian yang anda sukai.

Keempat, beri kode warna dan gunakan singkatan. Agar lebih mudah menemukan dan terbaca, beri kode warna atau highlight pada judul, sub judul, dan kata kunci. Dan supaya catatan tidak terlalu panjang, gunakan singkatan-singkatan bahasa pada setiap penulisan juga dapat membantu kalian tidak tertinggal penjelasan guru saat sedang dijelaskan.

Kelima, jangan terlalu sering menggunakan pembersih pena terlalu sering. Agar tulisan tidak terlihat berantakan, minimalisir kesalahan penulisan saat mencatat, simak dan dengar materi dari penjelasan guru kemudian olah kata yang ingin dicatat diotak selama 5-10 detik baru kemudian dicatat dibuku kalian. Sekian tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan membantu kalian.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://id.wikihow.com/Mencatat-dengan-Lebih-Baik
Brigita Linda Wulandari