Tips and Trick cara untuk mengatasi tingkah laku anak

Sikap anak yang sering membuat kesal dan marah tapi harus selalu di perhatikan dan di beri perhatian yang sama seperti yang lain dan jangan pernah menbandingkan anak yang lain dan kasih sayang yang tulus yang kita berikan pada mereka dan supaya mereka nyaan dan bahgia dekat kita dan selalu memberikan nasehat atau motivasi yang mengacu semangat mereka dalam belajar.

Beberapa langkah dalam mengatasi tingkah laku anak  :

  1. Anak yang tidak memperhatikan

Cara mengatasinya :

1). Harus menegurnya dan bertanya kepada anaknya, kamu sedang berpikir apa ?

2). Ajaklah semua anak dalam 1 permainan yang  di dalamnya mengandung materi yang akan di bahas, karena anak suka dengan permaian

3). Bila anak  sudah mengerti materinya kita harus mengulai lagi materi yang sudah di ajarkan supaya anak selalu ingat materi yang sudah di ajarkan dan belajar materi sebelumnya

kita selalu mengulang materi yang sudah di ajarkan supaya anak bisa paham dan mengerti atas materi yang sebelumnya supaya daya ingat mereka terasah dan menjadi anak yang pintar.

  1. Anak yang tidak bisa di atur

Cara mengatasinya :

1). Menegurnya dan bertanya padanya? kenapa dan apa sebabnya dia tidak bisa di atur.

Supaya dia bisa terbuka dan mengatakan apa sebabnya  dia seperti itu , dan kita pun harus selalu perhatikan nya dan siswa lainya.

2). Kasih dia soal tambahan dan jangan pernah menyentak dia atau berkata yang jelek padanya

Selalu mengawasinya

3). Selalu ajak dia untuk bergabung dengan teman yang lain bila dia menggunggu temanya  yang lain kita harus pisahkan dan kita harus selalu dekatnya

4). bilang padanya ada waktu untuk belajar dan ada waktu untuk bermain dan jangan menganggu  teman yang lain yang sedang belajar ada  waktu istrahat  kamu boleh bermain dengan teman sekarang saat nya kita belajar.

Supaya anak pun bisa di atur dan tertib dalam kelas dan tidak mengangu teman yang lain yang sedang belajar dan kita sebagai pengajar nya pun harus selalu melihat setiap tingkah laku siswa kita supaya kita tahu apa yang siswa lakukan.

  1. Anak yang suka gambar

Anak yang suka gambar ini sebenarnya bagus karna dia mempunyai  keahlian dalam menggambar tapi kita pun harus kasih tahu ada  waktu nya untuk menggambar dan waktunya untuk belajar dan mendengarkan materi yang di berikan pada dia.

Cara mengatasinya :

1).Menegurnya dan mengatakan padanya bahwa ada waktu untuk menggambar sekarang waktunya kita belajar dulu simpan dulu gambarnya, dan buka buku tulisnya dan sekarang kita menulis terlebih dahulu.

2).Kasih perhatian buatnya dan selalu kita pujian setiap karya yang dia gambarkan

3).Dan memberikan waktu dimana dia harus menuangkan imajinasi dia dalam menggambar

4).Memberikan motivasi dan membagi waktunya di mana dia harus belajar dan dia harus mengambar

Bakat yang dia miliki adalah menggambar jadi kita harus mendukung apa yang anak didik kita sukai dan kita harus mengarahkan dia kepada hobi yang dia miliki tapi harus ada batas waktu yang harus dia tahu supaya tidak menggangu dalam belajar, kasih tahu pada orang tuanya bahwa anak ini memiliki hobi yang harus di kembangkan dan harus di latih dan tidak lupa selalu di ajarkan materi yang lainya juga supaya nanti dewasa dia menjadi seniman yang hebat dan mempunyai wawasan yang luas.

  1. Anak yang sering ke wc

Cara mengatasinya :

1).Peraturan yang boleh ke wc hanya 2 orang dan tidak boleh lebih

2).Harus di antar oleh gurunya dan di awasi supaya anak  tidak berbohong  dan tidak  bermain air di wc

Dan ingatkan pada anak yang lain bila gurunya keluar tidak boleh ada yang berisik dan tidak ada yang keluar kelas dan mengerjakan soal yang terlah di berikan, supaya mereka pun tenang mengerjakan soalnya.

  1. Anak yang tidak mau menulis

Cara mengatasinya :

1). Bujuk dia untuk menulis dengan suara yang lembut

2). Bila dia tidak mau menulis kita tidak  boleh marah kita terus bujuk supaya dia mau menulis

3). Memberitahukan bahwa nulis itu sangat penting karna dengan mencatat kita akan mengingat kembali materi yang sudah di ajarkan dan membaca kembali dan memperluas daya ingatnya dan semakin memahami materi yang sebelumnya dan akan bertambah pengetahuanya menjadi semakin pintar.

Bahwa nulis itu sangatlah penting karna kita menulis kita akan tahu materi yang sudah di ajarkan akan mengingat kembali materi dan akan menambah materi yang baru lagi dan daya mengingat nya akan semakin kuat dan akan lebih memahami dalam setiap materi yang akan di ajarkan dan menjadi lebih pintar.

  1. Anak yang suka memilih teman

Cara mengatasinya :

1). Buatlah sebuh kelompok yang terdiri dari anak yang pintar, sedang dan kurang pintar supaya mereka bisa membantu satu dengan yang lainnya.

2). Bila ada anak yang menolak sekelompok dengannya kita harus memberitahukan bahwa kita adalah sama dan tidak boleh memilih teman  karna kita disinih tujuannya untuk belajar dan menjadi sodara dan harus saling menghargai dan membantu.

Karena kita adalah makhluk yang sempurna dan mempunyai kewajiban yang sama dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencari ilmu yang lebih banyak dan berguna dan membangun persahabatan yang baik dan kerjasama yang baik  supaya kita bisa meraih impian bersama tidak boleh membedakan teman karna itu perbuatan tidak baik pertemanlah denag siapa saja tapi harus ada batasannya dan harus selalu baik pada semua orang.

 

ZAHRA NUR AINIYYAH