Ayo Kenali Diri Kamu Lebih Dalam Lagi!

Setiap individu pasti memiliki latar belakangnya dan ketertarikan masing-masing. Kamu pun pasti dapat dengan mudah menyebutkan namamu ketika ditanya, “siapa namanu?”. Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah menjawab pertanyaan, “siapakah aku?” atau “kamu ini orangnya seperti apa?”. Banyak orang yang masih bingung justru terdiam dan akhirnya berpikir dalam waktu yang lama untuk menjawabnya, bahkan ada yang dengan pasrah mengatakan tidak tahu karena masih banyak orang yang kurang peduli terhadap dirinya sendiri.

Nah, untuk dapat mengetahui dan mengenal pribadi kita maupun orang lain lebih mendalam, kita dapat mencoba sebuah tes kepribadian yang bernama MBTI. Tes ini cukup efektif sebab dapat memberikan gambaran jelas bagaimana kepribadianmu sebenarnya. Untuk mengetahui apa itu MBTI, ataupun apa manfaat tes MBTI ini, berikut ulasan lengkapnya dilansir dari si-pedia.com:

 

APA ITU TES KEPRIBADIAN MBTI? SEJARAH DAN PENGERTIANNYA

Menyadari betapa aktifitas sosial adalah hal yang sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia, maka tak heran berbagai upaya dilakukan manusia untuk meningkatkan kualitas hubungan sosialnya. Tes kepribadian untuk mengenal karakter seseorang adalah salah satu bentuk upaya itu, dan MBTI telah menjadi salah satu tes kepribadian yang populer ditengah masyarakat.

Gambar 1.1. DIMENSI MBTI (sumber: si-pedia.com)

Test MBTI atau Myers Briggs Type Indicator, merupakan sebuah metode pengukuran berbentuk kuesioner yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Metode ini dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers berdasarkan teori kepribadian yang dikemukakan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya Psychological Types (1921M). Instrument tes yang mulai dikembangkan pada masa Perang Dunia Ke-II ini pertama dipublikasikan pada 1962M, dengan tujuan awal untuk membuat teori kepribadian C.G Jung ini dapat diaplikasikan dalam penggunaan praktis dan lebih mudah dimengerti, sehingga dapat membantu para pekerja untuk menemukan pekerjaan yang paling cocok dengan diri mereka.

Meskipun berbagai tes kepribadian memang telah dikenal dan dikembangkan selama beratus-ratus tahun lamanya, namun sampai hari ini belum ada teori maupun alat tes yang benar-benar memiliki keaakuratan seratus persen dalam mengidentifikasikan tipe kepribadian manusia. Hal ini tentu tidak lepas dari keterbatasan kemampuan manusia untuk mampu memahami cara kerja otak sebagai sebuah ciptaan Sang Kuasa yang ia ciptakan dengan begitu unik, sehingga menjadikan nyaris tidak ada manusia yang benar-benar sama di muka bumi ini (atau mungkin benar-benar tidak ada).

Tes Kepribadian MBTI telah menjadi Tes Kepribadian yang boleh dikatakan terpopuler untuk jenisnya, dan telah dikenal sebagai salah satu Tes Kepribadian terakurat namun tetap saja tidak akan mampu terlepas dari ketidaksempurnaan ciptaan manusia. Maka kita dapat memahami tentang hasil test ini bahwa paling tidak dapat memberikan gambaran dari Tipe Kepribadian audiensnya (meskipun bukan cerminan sempurna).

Gambar 1.1. DIMENSI MBTI (sumber: si-pedia.com)

MANFAAT INSTRUMEN TES MBTI

  • Pengembangan Diri

Dengan MBTI kita bisa memahami kelebihan (Strength)diri kita sekaligus kelemahan

(Weakness) yang ada pada diri sendiri. Kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita

sekaligus mencari cara memperbaiki sisi negatif kita.

  • Memahami Karakter Orang Lain Dengan Lebih Baik.

MBTI membantu memperbaiki hubungan dan cara pandangkita terhadap orang lain. Kita bisa

lebih memahami dan menerima perbedaan. Tidak semua orang berfikir, bersikap dan

berperilaku seperti cara kita berperilaku. Jadi terimalah perbedaan yang ada.

  • Bimbingan Konseling

MBTI sangat berguna di dunia pendidikan dan pengembangan karier. MBTI bisa digunakan

sebagai panduan untuk memilih jurusan kuliah sampaidengan profesi yang cocok dengan

kepribadian.

 

16 TIPE KEPRIBADIAN DALAM MBTI

MBTI membagi tipe-tipe kepribadian manusia kedalam 16 tipe kepribadian, dan dibawah ini adalah ke-16 tipe kepribadian tersebut, yang selanjutnya akan dibahas satu persatu pada posting-posting tersendiri nantinya.

ENFJ (The Teacher / The Giver)

ENFP (The Champion / The Inspirer)

ENTJ (The Commander / The Executive)

ENTP (The Visionary / The Innovator)

ISFJ (The Protector / The Nurturer)

ISFP (The Composer / The Artist)

ISTJ (The Inspector / The Duty Fulfiller)

ISTP (The Craftsman / The Mechanic)

ESFJ (The Provider / The Caregiver)

ESFP (The Performer / The Entertainer)

ESTJ (The Supervisor / The Overseer)

ESTP (The Dynamo / The Doer)

INFJ (The Councelor / The Protector)

INFP (The Healer / The Idealist)

INTJ (The Mastermind / The Scientist)

INTP (The Architect / The Thinker)

Sudah semakin penasaran kamu termasuk yang mana? Langsung saja mengikuti tesnya dengan mengklik link berikut ini: http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia.html

Semoga bermanfaat!

Putu Gita