Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan suatu taman laut nasional di Indonesia yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya berada di Teluk Manado, kecamatan wori, kabupaten Minahasa. Taman Nasional Bunaken adalah salah satu objek wisata yang mempertunjukkan ekosistem perairan tropis di Indonesia yang memiliki keindahan kehidupan bawah lautnya yang sangat menakjubkan serta sulit ditemukan di negara lain.

Taman Laut Nasional Bunaken ini memiliki 13 genus terumbu karang yang didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Pemandangan terumbu karang yang paling menarik adalah terumbu karang yang menjulang terjal vertikal ke bawah sedalam sekitar  25 meter hingga 50 meter. Tidak sampai di situ, Taman nasional bunaken juga menyuguhkan pemandangan yang dapat memanjakan mata dengan sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini seperti koi putih, kuda laut gusumi, nila gasi, goropa, lolosi ekor kuning, dan masih banyak lagi lainnya.

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Taman Nasional Bunaken antara lain adalah scuba diving dan snorkeling bersama dengan beragam biota lautnya yang menakjubkan serta dapat menikmati keindahan terumbu karang, memberi makan ikan di terumbu karang, menonton atraksi lumba-lumba dan ikan paus, dan menikmati pemandangan serta keindahan matahari terbit dan terbenam.

Sumber: 

https://www.itrip.id/taman-nasional-bunaken 

https://www.celebes.co/taman-laut-bunaken