Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatra merupakan sebuah bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Gedung ini dibangun dengan sebuah konsep gaya Eropa dan gaya rumah yang berada di London pada abad ke 18 dan 19. Gedung ini terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No.2, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara. Gedung ini dibangun dengan 5 tingkat dan semua bagian Gedung berwarna putih. Gedung ini dibangun pada tahun 1909. Gedung London Sumatra ini awalnya merupakan tempat perkantoran perusahaan perkebunan kelapa sawit dan karet Harrisons & Crosfield. Produk utamanya adalah minyak sawit mentah dan karet serta beberapa kakao, teh, dan biji-bijian.

Gedung London Sumatra ini merupakan Gedung bertingkat pertama yang memiliki lift di Kota Medan, Sumatra. Lift tersebut dibuat sejak tahun 1910 dan hingga kini masih berfungsi dengan baik. Lift tersebut dirawat dengan rutin dengan mendatangkan teknisi khusus dari Inggris. Lift di Gedung ini dapat dikatakan sangat unik. Bentuk dan gayanya berciri gaya khas Eropa, masih sama seperti saat pertama kali dibangun. Naik dan turunnya lift tersebut bukan diatur menggunakan sebuah tombol, tetapi menggunakan tuas sederhana yang dikemudikan oleh seorang operator.

Gedung London Sumatra masuk kedalam salah satu daftar gedung bersejarah yang dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Medan. Gedung ini juga menjadi ikon penting untuk Kota Medan. Selain menjadi perkantoran, Gedung ini juga menjadi salah satu tempat destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat musim liburan. Biasanya tempat ini dijadikan sebagai tempat foto pada malam hari karena keunikannya akan bertambah dengan cahaya lampu malam. 

Sumber :

https://www.merdeka.com/sumut/5-fakta-menarik-gedung-london-sumatra-peninggalan-belanda-yang-jadi-ikon-kota-medan.html 

https://medan.tribunnews.com/2019/06/25/gedung-london-sumatera-landmark-kota-medan-yang-berdiri-sejak-1910