Wisata Budaya “Desa Wisata Bobohu”

Desa wisata Bobohu merupakan desa wisata religi yang berbasis alam. Desa ini terletak di kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Dikutip dari situs Kompas.com, “Desa Wisata Religi Bubohu ini menjadi desa wisata pertama yang dalam Anugerah Desa Wisata mengusung wisata religi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Terdapat juga Desa Adat Bubohu, yang berada di kawasan perkampungan yang ada di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai. Di desa tersebut ada pesantren alam sebagai tempat untuk mempelajari agama Islam.  Selain itu, di kawasan ini juga ada Masjid Walima Emas Bubohu. 

Desa Wisata Bubohu juga memiliki tempat wisata alam dan edukasi yang bisa dikunjungi wisatawan, di antaranya Pantai Dulanga, Museum Alam Karst, dan Museum Alam Fosil Kayu. Ada pula tradisi Parade Walima, yakni tradisi membuat kue walima yang dikenal sebagai kolombengi dan kue khas Gorontalo lainnya dalam jumlah banyak.  Kue-kue tersebut selanjutnya disusun sedemikian rupa membentuk bangunan seperti rumah atau masjid, lalu diarak keliling kawasan. 

 

Reverensi :

Widyanti . (2021). Desa Wisata Bubohu Gorontalo, Andalkan Wisata Religi. URL : https://travel.kompas.com/read/2021/11/07/081600627/desa-wisata-bubohu-gorontalo-andalkan-wisata-religi.