Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah ini berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Banyuwangi yaitu 80 km atau membutuhkan sekitar 2,5 jam untuk  sampai ke pulau merah. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 8 ribu per orang.  Jam operasionalnya dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Sementara untuk parkir kendaraan, tarifnya adalah Rp2000 untuk motor, Rp5000 untuk kendaraan roda empat dan Rp20.000 untuk jenis bus. Bagi pengunjung yang ingin menginap, bisa mencari hotel di sekitar pantai atau pun guest house. 

Pantai ini disebut Pulau Merah karena pada musim kemarau pasir pantai di sana memiliki warna kemerahan, namun jika aslinya pantai ini memiliki pasir berwarna putih agak kecoklatan. Salah satu ciri khas pantai Pulau Merah adalah sebuah bukit kecil yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Latar bukit yang berwarna kemerahan inilah yang menyebabkan objek wisata tersebut dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Bukit ini ditumbuhi oleh tanaman berwarna hijau sehingga menutupi warna merahnya. Pengunjung dapat menaiki bukit tersebut ketika air laut sedang surut. Cukup dengan berjalan kaki saja pengunjung bisa sampai di bukit tersebut. 

Adapun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai ini. 

  1. Surfing, Pantai ini memiliki ombak yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Timur bahkan di Indonesia sehingga cocok untuk kegiatan selancar. Bahkan tak jarang banyak turis mancanegara mengunjungi pantai untuk berselancar. Pantai ini memang dipersiapkan sebagai salah satu tempat surfing di Banyuwangi. Hal ini telah dibuktikan dengan diselenggarakannya Red Island Banyuwangi International Surf Competition sejak tahun 2013 yang diikuti peserta dari 20 negara.

2. Sewa Perahu, Pengunjung dapat menyewa perahu untuk kegiatan memancing.

3. Menikmati Sunset, Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam.

4. Menikmati Kuliner, Pengunjung dapat menikmati Kuliner khas Banyuwangi saat sedang menikmati kegiatan tertentu.

Referensi :

Rachma, D. (2016). (Pulau Merah Banyuwangi – Lokasi, Sejarah, Daya Tarik & Tiket). URL : Pulau Merah Banyuwangi – Lokasi, Sejarah, Daya Tarik & Tiket (alampriangan.com)

https://travel.tribunnews.com/2020/11/17/yuk-berburu-sunset-di-pantai-pulau-merah-banyuwangi-harga-tiket-masuknya-cuma-rp-10-ribuan