Bukit Cartenz (Puncak Jaya), Papua

Indonesia merupakan negara ber-iklim tropis yang artinya hanya terdapat 2 musim di Indonesia, yaitu Musim Hujan dan Musim Kemarau. Sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin jika tiba-tiba Indonesia memiliki Musim Dingin atau Musim Salju. Tapi buktinya di bagian daerah paling timur Indonesia terdapat es abadi, yang berada di Gunung Cartenz. 

Gunung Cartenz adalah sebuah gunung yang terletak di Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut yang diselimuti salju abadi. Puncak gunung ini disebut “Piramida Cartenz”, dan juga Puncak Jaya, yang merupakan dataran tertinggi di Indonesia. Gunung ini adalah salah satu dari tujuh gunung yang dikenal sebagai Tujuh Puncak Dunia. Kawasan di sekitar Cartensz juga termasuk langka dan istimewa dimana kita bisa menemukan salju di negara kita yang beriklim tropis ini. Dan seperti gunung bersalju pada umumnya, badai salju dan hujan es jamak ditemui. Di malam hari, suhu udara juga mencapai di bawah nol derajat celcius. 

Gunung Cartenz juga termasuk ke dalam area Taman Nasional Lorentz, yang diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1999. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang beragam budaya yang mengagumkan. Untuk pecinta alam, khususnya para pendaki, bisa memasukkan Gunung Cartenz kedalam list Gunung yang ingin dituju. Para pendaki tentu harus menyiapkan fisik dan mental yang baik, karena akses yang akan dilewati terbilang extream. Selain itu, para pendaki juga harus menyiapkan budget yang cukup, karena untuk mendaki ke gunung ini harus membutuhkan biaya yang mahal.

Sumber :

  1. Lestari, I. (2021). 10+ Fakta Gunung Jayawijaya yang Jarang Diketahui. URL : 10+ Fakta Gunung Jayawijaya yang Jarang Diketahui – IlmuGeografi.com
  2. Prodjo, W.A. (2016). Pendakian Gunung Carstensz Papua Salah Satu yang Termahal di Dunia. URL: Pendakian Gunung Carstensz Papua Salah Satu yang Termahal di Dunia (kompas.com)