Bahasa Program dari Aplikasi Terkenal

Kamu pasti sering menggunakan HP kan? Aplikasi apa aja yang sering kamu pakai? Sebutkan dalam hati saja ya. Sebagai anak Computer Science, pastinya kamu ingin tahu dong apa bahasa program yang dipakai oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Kalau begitu, mari kita lihat beberapa aplikasi yang terkenal dan apa bahasa pemrogramannya.

1. Instagram

Kalian pasti tahu Instagram kan? Nah, aplikasi dari Meta ini menggunakan banyak bahasa program untuk bagian yang berbeda-beda. Ada Python, JavaScript, CSS, R, SQL, dan masih banyak lagi.

2. Chrome

Peramban/browser dari Google ini pasti tidak pernah tidak didengar oleh kalian. Untuk Chrome, mereka menggunakan C, C++, Java, JavaScript, dan Python.

3. TikTok

Anak jaman sekarang pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Aplikasi buatan ByteDance asal China ini menggunakan C, C++, Java, Python, Swift, dan lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman serupa. Namun, pertanyaannya adalah, kenapa 1 aplikasi bisa pakai banyak sekali bahasa program? Kenapa tidak satu saja? Alasannya adalah, karena bahasa program punya kelebihan dan spesialisasi di bidang yang berbeda-beda. Sehingga, dengan memakai lebih dari 1 bahasa, Aplikasi tersebut dapat menggunakan seluruh kelebihan-kelebihan tersebut.

Referensi:

These are the programming languages that Instagram uses | by Manpreet Singh | Medium

What is Google Chrome | Google Chrome | Chrome Browser – javatpoint

These are the programming languages TikTok uses | by Manpreet Singh | Medium

Joshua Evans