Persamaan Diferensial itu apa dan kenapa penting untuk dipelajari?

Dalam dunia matematika ataupun Teknik sipil biasanya terdapat perhitungan yang rumit memegang peranan penting dalam rekayasa, fisika, ilmu ekonomi, dan berbagai macam disiplin ilmu lain yang melibatkan hukum dan hubungan fisik yang muncul secara matematis melalui bentuk persamaan diferensial, lantas apa itu persamaan diferensial?

Persamaan Diferensial adalah sebuah persamaan yang menghasilkan fungsi yang tak diketahui turunannya terhadap satu atau lebih peubah bebas. Terdapat 2 jenis persamaan diferensial, yaitu Persamaan Diferensial Biasa dan Persamaan Diferensial Parsial. Klasifikasi yang jelas dan mudah untuk diketahui adalah dengan melihat apakah fungsi yang tak diketahui bergantung pada satu atau lebih. Jika hanya bergantung pada satu peubah acak maka disebut Persamaan Diferensial Biasa. Namun, jika fungsi yang tak diketahui bergantung pada lebih dari satu peubah bebas maka disebut sebagai Persamaan Diferensial Parsial.

Persamaan Diferensial sangat penting untuk kita pelajari karena merupakan konsep dasar pengaplikasian suatu kejadian sehari-hari yang menggunakan konsep turunan fungsi dengan benar oleh karena itu dibutuhkan sebuah konstruksi skema yang jelas tentang konsep turunan suatu fungsi. Salah satu contoh yang paling umum adalah penerapan kecepatan dan percepatan orang yang terjun bebas yang dimana di fisika secara umum hanya menghitung jikalau memiliki suatu kejadian yang tetap, akan tetapi dengan Persaman Diferensial bisa digunakan untuk menghitung orang yang terjun bebas sebelum dan sesudah melepas parasut untuk perhitungan yang lebih tepat dan peluang keselamatan lebih tinggi.

Sumber :

http://share.its.ac.id/mod/page/view.php?id=1740

https://litera.uninus.ac.id/uninus/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJ48xbDDfZaSDod5ltNpX9fePXhl4xnbZLnQXVcIP4cNFZvmwC%2F8xIfCJv%2FMUeR%2Fg8g%2BYqX%2Fd%2BKqeTv9u%2ByqxqagAT5NGgkXL5bfZkVBYfXd76GZi68eD87cK%2BYML%2BqowQPO%2FeFpwGcbDk%2Bvdi5S%2BnDlkQQmsCRAk4%3D

https://virlenda.unipasby.ac.id/course/view.php?id=239

Raven Kongnando Lasher