Career Path for Computer Science Degrees

Computer Science merupakan salah satu bidang yang sedang booming saat ini. Di zaman yang sudah serba digital, banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang berasal dari jurusan computer science. Mengingat computer science bisa dimanfaatkan di semua industri, kemungkinan karir bagi pemegang gelar lanjutan menjadi tidak terbatas. Berikut adalah beberapa jalur karir yang bisa dipilih oleh orang yang mengambil jurusan computer science:

1. Computer and Information System Manager

Individu dalam peran ini merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengarahkan aktivitas yang berhubungan dengan komputer dalam suatu organisasi. Mereka membantu menentukan tujuan teknologi informasi untuk organisasi dan bertanggung jawab untuk menerapkan sistem komputer agar dapat memenuhi tujuan ini.

2. Software Development Manager

Software Development Manager, juga disebut SDE, membuat kode dan membangun perangkat lunak di berbagai industri, baik secara mandiri di perusahaan rintisan atau sebagai bagian dari tim dalam organisasi yang lebih besar, seperti di Google atau Amazon.

3. Data Scientist

Data Scientist merancang proses pemodelan data untuk membuat algoritma dan model prediktif serta melakukan analisis khusus di berbagai industri.

4. Information Security Analyst

Information Security Analyst merencanakan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk melindungi jaringan dan sistem komputer organisasi.

5. Database Administrator

Database Administrator, juga disebut DBA, memastikan bahwa data organisasi disimpan dan diatur dengan benar sehingga aman dan mudah diakses oleh Data Scientist dan Data Analyst. Orang-orang ini mengembangkan database baru dan memelihara database yang ada, membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi.

Sumber:

https://blog.edx.org/computer-science-careers 

https://www.computerscience.org/careers/ 

https://images.ctfassets.net/wp1lcwdav1p1/3uKiGvN5pjbtwlTWEhugzt/f57b790f9aefcc130786a710e4fa276d/GettyImages-1338373232.jpg?w=1500&h=680&q=60&fit=fill&f=faces&fm=jpg&fl=progressive 

Gaudentius Matthew Setiadi