Menjadi Seorang Data Analyst

Kebutuhan akan data saat ini semakin terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan akan data yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk mendukung perkembangan perusahaan. Salah satu profesi yang semakin dibutuhkan saat ini adalah seorang data analyst. Berdasarkan hasil laporan World Economic Forum tahun 2020, data analyst merupakan salah satu dari tujuh profesi yang paling menantang dan banyak dicari oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis dan keamanan siber. Kira-kira apa yang dimaksud dengan data analyst? Kenapa data analyst bisa sepopular itu? Mari kita mengenal lebih jauh tentang data analyst

Sebelum mengenal apa itu data analyst, mari kita mengenal data terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui data itu sangat penting dan berkaitan dengan profesi seorang data analyst. Kira-kira apa itu data? Data adalah sekumpulan keterangan atau fakta yang berupa angka, teks, ataupun gambar yang biasanya diperoleh melalui proses pencarian serta pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu. Data memiliki beragam manfaat, diantaranya sebagai bahan acuan, bahan analisis, perencanaan, pengolahan data, pengambilan keputusan, dan evaluasi. Nah sekarang kita sudah mengenal apa itu data dan manfaatnya. Mari sekarang kita bahas lebih lanjut apa itu data analyst

Data analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset terhadap data dengan memanfaatkan tools tertentu, sehingga data tersebut bisa diolah dan dijadikan laporan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan data perusahaan untuk mengambil keputusan dan meningkatkan keuntungan dan kredibilitas suatu perusahaan. Kemampuan data analyst dapat  mempermudah perusahaan dalam melakukan riset dengan data yang padat sehingga menghasilkan data yang akurat dengan waktu yang efisien jika dibandingkan dengan riset secara manual, sehingga hal itu lah yang membuat seorang data analyst saat ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahan untuk mendukung perkembangan perusahaan. 

Kita sudah mengetahui dan mendapat gambaran tentang apa itu data analyst, kira-kira apa ya tugas seorang data analyst dan skill apa saja yang dibutuhkan? Mari kita bahas. Tugas seorang data analyst, yaitu: 

    1. Menganalisis dan memvisualisasikan berbagai macam data dan permasalahan yang berkaitan dengan data sebagai bahan untuk mengambil keputusan bagi perusahaan.
    2. Mengekstrak data primer dan sekunder ke berbagai tool.
    3. Mengembangkan dan memelihara database.
    4. Menganalisis data berdasarkan tren untuk memberi pengaruh bagi perusahaan.
    5. Menafsirkan data dengan baik dan rinci.
    6. Membuat laporan hasil analisis dan menjelaskan hasil analisis.

Sedangkan skill yang harus dimiliki oleh seorang data analyst, yaitu : 

  1. Memahami penggunaan bahasa pemrograman SQL untuk menangani urusan pengelolan dan manajeman data.
  2. Mampu menguasai bahasa pemrograman dan machine learning, seperti R atau python untuk melakukan analisis terhadap data yang besar. 
  3. Mampu mengoperasikan office, seperti excel, word, dan sebagainya 
  4. Memahami konsep matematika dan statistika untuk membantu proses analisis data secara lebih akurat dan terstruktur. 
  5. Mampu melakukan riset dan analisis yang akurat, tajam, dan terstruktur. 
  6. Mampu memvisualisasikan data sehingga data dapat disajikan dan disampaikan dengan baik dan komunikatif. 
  7. Mampu melakukan data warehouse untuk memantau dan memastikan bahwa data tersimpan dengan aman.

Referensi:

https://www.sekawanmedia.co.id/blog/data-analyst/
https://blog.skillacademy.com/data-analyst-adalah
https://idcloudhost.com/pengertian-data-definisi-fungsi-dan-jenis-jenis-data/#Memahami_Pengertian_Data 

Maya Kartika Sari