Kenalan Lebih Dekat dengan Game Theory

Jika kalian melihat kata Game Theory, pemikiran apa yang muncul di benak kalian? Sebuah teori dalam menyelesaikan suatu game atau sebagai teori yang terdapat dalam game? 

Game Theory merupakan salah satu ilmu di bidang matematika untuk menganalisa dalam pengambilan keputusan ketika dua atau lebih pelaku terlibat dalam konflik atau kompetisi. Menurut Ayu (1996), game theory merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut sebagai pemain. Setiap pemain dalam game theory mempunyai keinginan untuk menang. 

Game theory dapat digunakan di bidang bisnis dalam menghadapi persaingan yang ada. Di bidang perlombaan dapat digunakan dalam menentukan strategi untuk memenangkan perlombaan dan dapat juga diaplikasikan ke bidang psikologi, politik, serta ilmu sosial. 

Salah satu contoh dalam game theory adalah Two Person Zero Sum Game (Permainan Berjumlah Nol Dua Pemain). Permainan berjumlah nol dua pemain merupakan persaingan dari dua pemain dimana kemenangan yang satu merupakan kekalahan pemain lainnya, sehingga jumlah kemenangan dan kekalahan adalah nol (Trueman, 1974). 

Ada dua tipe permainan berjumlah nol dua pemain, yaitu : 

  1. Permainan strategi murni (pure strategy games), yaitu setiap pemain mempergunakan strategi tunggal. 
  2. Permainan strategi campuran (mixed strategy games), yaitu kedua pemain memakai campuran dari beberapa strategi yang berbeda-beda.

Referensi :

https://www.academia.edu/29788451/Makalah_teori_permainan_MKDB 

https://media.neliti.com/media/publications/72522-ID-penggunaan-game-theory-dalam-ilmu-sosial.pdf

http://repository.upi.edu/366/6/S_FPMIPA_0700085_CHAPTER%203.pdf 

Cindy Natasya