Peran Matematika dalam IT

Matematika adalah ilmu dasar yang dalam mengaplikasikannya berdampak banyak  pada berbagai cabang ilmu lain di dunia. Matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat  yang penting dalam berbagai bidang, yaitu ilmu terapan, pengetahuan alam, medis, rekayasa  begitu juga ilmu sosial seperti ekonomi dan psikologi. Salah satu bidang lainnya adalah  teknologi informasi yang dimana matematika memiliki hubungan yang erat antara ilmu  pengetahuan dan teknologi. Matematika dalam hal ini berperan penting memberikan  penyelesaian terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. 

Dalam perkembangan IT, matematika akan terus berjalan bersama untuk membentuk  sebuah sistem dikarenakan dalam membangun sistem tersebut dibutuhkan penerapan  matematika. Awalnya, penggunaan matematika pada teknologi diawali dengan Al Khawarizmi  bersama penemuannya dalam bidang algoritma. Algoritma sendiri bertujuan untuk  memberikan keefektifitasan dan keefisienan pemrograman komputer, struktur data,  artificial intelligence dan masih banyak faktor lain. Zaman sekarang ini, sudah banyak berbagai  aplikasi dan program komputer yang menggunakan penerapan matematika di dalamnya.  Seperti contoh Boolean Aljabar untuk komputer berdigital modern, Splines untuk merubah  bentuk 3 dimensi, Fuzzy (peralatan elektronik, finansial, peternakan), metoda numerik untuk  bidang teknik, rantai markov untuk bidang finansial dan ekonomi adalah beberapa contoh  penggunaan matematika dalam bidang ilmu dan teknologi. 

Adapun beberapa penerapan matematik dalam bidang IT adalah sebagai berikut,  probabilitas dimana akan mengetahui bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil.  Probabilitas mengatur kemungkinan dengan bernilai 0 dan 1, dimana 1 kejadian yang pasti  terjadi sedangkan 0 adalah kejadian yang tidak mungkin terjadi. Kemudian ada algoritma  yang merupakan urutan langkah untuk memecahkan masalah menggunakan perintah  komputer dengan bahasa pemrograman. Adapun kalkulus dimana penerapannya dalam IT  biasanya komputer akan membaca data dalam bentuk biner. Kalkulus sendiri terdiri dari  turunan, integral, limit dan deret tak hingga. 

Terakhir ada logika, yang dimana dalam penerapannya digunakan untuk dasaran bahasa  pemrograman, artificial intelligence, struktur data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak,  sistem pakar, jaringan syaraf tiruan dan basis data. Logika matematika banyak digunakan  dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Logika informasi dalam  teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting, dan hampir selalu kita jumpai  dalam perkembangan hardware dan software. Misalnya, dalam pengembangan perangkat  lunak, prinsip logika digunakan dan diterapkan di hampir setiap bahasa pemrograman, yang  bisa saja menggunakan bahasa Pascal, Visual Basic, Java. Oleh karena itu logika teknologi  informasi dalam bidang teknologi informasi merupakan dasar dari metode pembuatan  perangkat keras atau lunak. 

Kontribusi matematika termasuk dalam skala yang sangat besar dalam campur tangan  berkembangnya teknologi di dunia. Matematika sendiri memiliki keterkaitan dengan  komputer atau IT dalam hal mencari persamaan logika yang rasional sehingga dapat  diterjemahkan dalam komputer menggunakan bahasa pemrograman dan keterkaitan dalam  melakukan perhitungan yang rasional matematis secara cepat serta tepat. Matematika dapat  berperan besar dalam pengembagan teknologi dikarenakan beberapa hal berikut, seperti:  matematika dapat menciptakan ilmu logika yang dimana menjadi dasar dalam bahasa  pemrograman, bahasa pemrograman sendiri menggunakan bilangan biner yang dimana  operasinya menggunakan aljabar matematika, matematika merupakan dasar pengembangan  dan penentuan bit komputer, matematika merupakan dasar penerapan dan pengembangan  pemrograman jaringan komputer dan masih banyak lagi. 

Dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras, diterapkan pula  matematika di dalamnya. Salah satu contohnya adalah dengan pengembangan processor pada  komputer. Peranan matematika dalam hal ini adalah dimana operasi matematika pada  processor berfungsi melakukan terjemahan perintah dari user. Dalam perkembangannya,  processor dituntut untuk dapat menjadi lebih cepat dalam menerjemahkan perintah sehingga  menghasilkan kerja yang cepat serta efisien. Contoh lainnya adalah dalam penggunaan  hardisk untuk mem-back up atau menyimpan data. Data-data yang disimpan di dalam hardisk  akan dibaca dalam angka biner yaitu 0 dan 1. Dalam pengembannya pun, hardisk dibuat agar  dapat menyimpan berbagai file dalam ukuran yang besar ataupun kecil.

Melihat peranan matematika dalam perkembangan ilmu teknologi (IT) ataupun  teknologi informasi serta komputer, semua ini bertujuan untuk memberikan kemudahan  dalam melakukan pekerjaan manusia. Peranan matematika dalam kehidupan manusia  memang untuk membuat pemodelan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat  menemukan penyelesaian yang sesuai secara matematis. Ini dilakukan dalam melakukan  analisis dan interpretasi data yang diolah, sehingga informasi yang diperoleh akan digunakan  untuk langkah selanjutnya dalam pengambilan keputusan. Matematika memang sangatlah  penting dalam perkembangan ilmu teknologi dari dulu hingga sekarang. 

References: 

https://www.kompasiana.com/nurbaya/5528ddc1f17e61ce148b45a5/peranan matematika-terhadap-perkembangan-ilmu-komputer 

Daniel Chandra