Machine Learning – Supervised and Unsupervised Learning

Di era kemajuan teknologi yang serba modern ini, banyak orang yang masih belum menyadari bahwa teknologi telah berkembang pesat. Salah satu teknologi terobosan ini adalah penemuan model pembelajaran mesin. Lantas, apa yang disebut teknologi pembelajaran mesin ini?

Machine learning merupakan sebuah cabang ilmu computer artificial intelligence (AI), dimana suatu model akan memiliki sebuah algoritma yang memungkinkan computer untuk mengembangkan suatu perilaku yang didasarkan oleh data empiris. Simpelnya, sebuah model akan dilatih dengan suatu kelompok data empiris. Setelah model belajar, model akan diuji dengan mencoba untuk mendapatkan hasil berdasarkan dari data Latihan. Machine learning memiliki 2 teknik berlatih, yaitu Supervised Learning dan Unsupervised Learning.

Supervised Learning merupakan teknik belajar model, dimana model akan diberi data dimana setiap data tersebut memiliki label (Contoh: Mesin diberi data tabel). Dari data tersebut, model akan dapat memprediksi sebuah label. Biasanya, dalam supervised learning akan ada data training dimana semua label ada dan sebuah data test dimana salah satu label akan dihilangkan. Setelah model belajar dari data test, model akan bisa memprediksi/menghasilkan data dari label yang dihilangkan pada data test.

Berbeda dengan supervised learning, unsupervised learning merupakan teknik belajar model, dimana model diberikan data yang tidak mempunyai label. Tugas model adalah untuk mencari pola atau trend dari data yang diberikan.

Machine learning sangat membantu manusia dalam melakukan banyak hal. Mulai dari pengelompokan data yang simpel dan sedikit, hingga data yang rumit dan banyak. Model machine learning ini dapat menggunakan algoritma yang berbeda-beda, tergantung dengan situasi. Model dapat dilatih menggunakan dua metode berbeda yaitu, supervised learning dan unsupervised learning. Setiap metode belajar akan berbeda dan mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Nobert Pratama