UI/UX Berperan Penting dalam Bisnis Start-Up

Apa yang pertama kali muncul dipikiran kalian mengenai Start-Up? Pastinya kita semua sudah tau Start-Upmerupakan sebuah bisnis digital yang saat ini telah menjamur. Pada era globalisasi saat ini teknologi tidak dapat dilepas dari kehidupan umat manusia. Kehidupan yang semakin mudah tentunya diinginkan oleh semua orang, misalnya jika ingin berbelanja kebutuhan pokok kita tidak perlu lagi berbelanja ke pusat toko melalinkan kita hanya berbelanja dari rumah dan kemudian akan diantarkan langsung oleh kurir ke rumah kita.

Dengan semakin banyaknya bisnis Start-Up tentunya seseorang akan menggunakan sebuah aplikasi yang tentunya sederhana dan tidak terlalu rumit untuk dimengerti, disinilah peran dari UI/UX yaitu UI sebagai user interfacepengguna dapat melihat dari sisi tampilan aplikasi apakah menarik atau tidak, sedangkan UX sebagai user experiencepengguna dapat merasakan pengalaman saat menggunakan aplikasi tersebut apakah mudah untuk digunakan atau tidak.

Pada dasarnya bisnis apapun pasti akan menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berguna bagi pengguna. Aplikasi digital di desain dengan sempurna agar tampilan menjadi sangat menarik. Dengan UI/UX yang dimiliki oleh sebuah bisnis digital akan membuat penggunanya ingin mengunduhnya dan menggunakan barang/jasa bisnis tersebut.

UI/UX desain memiliki aspek penting seperti memiliki konsistensi warna, font, ikon simbol dan tombol diperlukan. Tentunya hal ini akan memudahkan pengguna dalam pengoperasian aplikasi. Selain itu tidak menggunakan gaya, elemen, atau visual yang rumit dalam aplikasi, hal ini dapat menghilangkan niat pengguna untuk memakainya. Hal yang terpenting adalah desain sederhana namun memiliki berbagai fitur yang lengkap.

Selanjutnya adalah keseragaman dalam user interface dari aplikasi digital sangat diperlukan agar membantu pengguna untuk menentukan pola penggunaan aplikasi, dimana akan memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Pada aplikasi digital, hal yang utama adalah desain yang dapat memikat pengguna. UI/UX memainkan peran integral dalam membantu aplikasi agar menonjol. Maka dari itu, memiliki user interface yang terintegrasi dan harmonis atau user experience dalam aplikasi digital tidak hanya membantu bisnis untuk menarik lebih banyak pengguna tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mendukung Branding Produk dan Jasa Digital

Design UI/UX untuk bisnis digital merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan. UI/UX sendiri memiliki sejumlah arti penting yaitu mendukung branding produk jasa atau barang, tampilan yang menarik dan memukau sekaligus memberi kemudahan bagi pengguna untuk menggunakanya. Pastinya akan menjadi representasi dari perusahaan dan produk maupun jasa yang disediakan. Maka dengan desain yang tepat akan membantu proses branding.

Menarik Minat Pelanggan

Kemudian aplikasi yang memberikan kenyamanan tentunya akan banyak disukai oleh pengguna. Hal ini akan mengundang pengguna untuk menginstal aplikasi tanpa ada keinginan untuk menghapusnya. Kenyamanan pengguna dalam memakai aplikasi tersebut kemudian mampu menarik minat dan loyalitas mereka.

Meningkatnya Jumlah Pengguna Aplikasi

Melalui desain yang menarik, tentunya para pengguna akan memberikan ulasan yang sangat bagus dan akan menjadi magnet bagi pengguna baru. Melalui desain UI dan UX yang tepat maka jumlah pengguna atau pelanggan akan terus bertambah. Tentunya akan menguntungan perusahaan sehingga profit mengalami peningkatan.

Memudahkan Pengguna dalam Penggunaan Aplikasi

Selanjutnya desain yang maksimal akan membantu menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Banyak pengguna menyedari kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Kemudian akan memberi ulasan positif dan tidak ragu untuk merekomendasikan ke orang terdekat.

Sekarang kita sudah mengetahui begitu pentingnya desain UI/UX dalam sebuah bisnis digital. Karena saat ini bisnis digital sudah banyak dimana-mana, oleh karena itu kita harus berpikir dari sisi lain bagaimana cara agar dapat mendapatkan kepercayaan dari pengguna. Selain itu tidak lupa memaksimalkan desain user interface yang menarik serta memiliki pengalaman yang membuat pengguna merasakan kenyamanan dari user experience yang dimiliki aplikasi tersebut.

Referensi:

Zefhania Yosia - B2024