PKM HIMKA 2021 : It’s Time To Learn Something New

HIMKA mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa workshop yang berlangsung selama 2 minggu, yaitu pada tanggal 9 – 10 September 2021 dan 15 – 17 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh siswa – siswi kelas 10, 11, dan 12 dari SMA Swasta Santo Yosef Pangkal Pinang. Di kegiatan ini terdapat beberapa volunteer yang menjelaskan materi dasar terkait entity relationship diagram (ERD), programmingdatabase, dan user experience (UX).

Perkembangan teknologi digital pada revolusi industry 4.0 dapat ditandai dengan kehadiran robot, artificial intelligence (AI), machine learning, biotechnology, internet of things (IoT), serta driverless vehicle. Perkembangan ini menuntut generasi muda untuk terus menggali pengetahuan di luar dari pendidikan formal. Misalnya, mengikuti workshop yang cenderung mengutamakan praktek dan studi kasus daripada berfokus pada hafalan atau menentukan jawaban yang benar pada soal, sehingga menghasilkan peserta didik yang dapat berpikir secara kreatif, inovatif, dan visioner.

Menanggapi pentingnya pengetahuan perkembangan era industri 4.0 di Indonesia bagi generasi muda, Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi (HIMKA) menyelenggarakan workshop dengan tema “IT’S TIME TO LEARN SOMETHING NEW” yang dikhususkan bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar mereka memilki pengetahuan umum tentang teknologi pada era industri 4.0 ini, khususnya teknologi-teknologi yang berkaitan di bidang pendidikan.