Pentingnya Menerapkan Digital Marketing Dalam Pengelolaan Bisnis Di Masa Pandemi

Teman-teman pasti pernah membeli atau melihat barang yang di promosikan lewat media sosial. Cara tersebut dinamakan digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan suatu kegiatan mempromosikan produk melalui media digital.  Para pengelola bisnis yang melakukan digital marketing akan membuat konten yang dapat memikat pelanggan melalui media digital, karena dengan seiring berkembangnya teknologi cara tersebut dapat menarik pelanggan dengan cepat.

Selama masa pandemi digital marketing sangat dapat membantu perkembangan bisnis. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat melakakukan banyak aktifitas menggunakan media sosial dan internet sehingga strategi digital marketing ini cukup efektif. Namun melihat begitu banyaknya pengelola bisnis yang mempromosikan produk melalui media digital, maka teman-teman harus bersaing dengan yang lain nya dalam membuat konten yang menarik pelanggan, tapi sebelum itu mari kita bahas lebih dalam apa itu digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital sendiri adalah dunia di mana perangkat elektronik dan komputer terlibat. Segala sesuatu yang membutuhkan elektronik dan komputer adalah digital. Sedangkan marketing adalah proses memperkenalkan produk atau layanan yang terkenal. Marketing juga berarti proses pemasaran suatu produk atau jasa, mulai dari pengembangan strategi hingga kesadaran konsumen. Sehingga digital marketing merupakan strategi  bisnis yang dapat menguntungkan dengan menggunakan sarana elektronik dan komputerisasi. Saat ini, domain digital ini dapat mengambil banyak bentuk, mulai dari situs web, pemasaran media sosial, iklan PPC, pemasaran email, dan SEO.

Kelebihan Digital Marketing

  1. Fleksibilitas
    Digital marketing lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan saja. Selama memiliki internet teman-teman dapat melihat semua media, iklan, dan email tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.
  2. Jangkauan yang Luas
    Di dunia nyata, interaksi manusia dibatasi oleh ruang dan waktu. Berbeda dengan transaksi online. Transaksi online terkait dapat dilakukan kapan saja, di mana
  3. Kemudahan evaluasi
    Dengan menggunakan media online, teman-teman dapat mencapai hasil langsung dari kegiatan pemasaran yang di lakukan. Informasi seperti waktu produk dilihat, jumlah pengguna yang melihat produk, dan persentase konversi penjualan untuk setiap iklan. Setelah mendapat informasi, teman-teman dapat langsung mengevaluasi hal baik dan buruknya.
  4. Branding
    Pemasaran digital membantu pengelola bisnis dalam membangun merek yang hebat. Kehadiran brand pengelola dalam media digital menjadi penting karena dengan begitu pelanggan nantinya akan melakukan riset secara online sebelum membeli produk yang di jual.

Kekurangan Digital Marketing

  1. Rentan Penipuan
    Dalam melakukan digital marketing, salah satu kelemahan terbesar adalah kerentanannya terhadap penipuan. Ada banyak situs ilegal di luar sana yang benar-benar mencuri uang mereka dari Data sensitif juga dapat dengan mudah dicuri oleh peretas.
  2. Rentan Kesalahan Teknis
    Seperti yang kita ketahui bahwa digital marketing sangat bergantung pada teknologi, yang membuatnya rentan terhadap kesalahan teknis yang terjadi akibat teknologi/internet. Sebagai pengguna teknologi yang semakin maju, teman-teman harus selalu berhati-hati untuk meminimalkankesalahan besar.
  3. Menciptakan banyak pesaing.
    Ketika melakukan digital marketing tentunya teman-teman tidak memiliki batasan teritorial yang dapatmenghalangi pengelola bisnis untuk menjual Oleh karena itu, akan ada beberapapengelola bisnis yang menjual produk yang serupa di lingkup area yang sama.

Sumber : wallpapercave.com

Bagaimana Cara menerapkan digital marketing?

  1. Menyiapkan Media Pemasaran

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menyiapkan media yang ingin teman-teman gunakan untuk melakukan pemasaran. Media yang dapat digunakan dalam melakukan digital marketing berupa situs web, akun media sosial. Teman-teman juga dapat menyediakan merek dan produk, unduhan blog, dan tautan online (ulasan, komentar pelanggan, dll.)

  1. Menyiapkan Konten

Teman- teman perlu menyiapkan konten yang menarik dan dapat dibagikan di media sosial. Konten bisa berupa foto, video, teks, dan lainnya. Teman-teman juga perlu menentukan tujuan pemasaran dan target pasar untuk konten tersebut.

  1. Ruting Melakukan Evaluasi

Ketika teman-teman mulai mengunggah sebuat konten, teman-teman wajib melakukan evaluasi rutin pada setiap unggahan di semua jejaring sosial yang dimiliki. Teman-teman dapat fokus terhadap identifikasi jejaring sosial yang memberikan umpan balik dan beberapa sumber yang memberikan umpan balik yang sesuai untuk bisnis.

Tips dan Trik meningkatkan penjualan dengan strategi digital marketing di masa pandemi
  1. Pahami Target Pelanggan

Pegelola bisnis perlu memahami terlebih dahulu karakteristik pelanggan dari produknya. Dengan menggunakan media yang paling mudah digunakan seperti Facebook, Instagram, Google Business, dll.

  1. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

Salah satu kunci sukses strategi pemasaran digital adalah komunikasi yang baik. Teman-teman pengelola bisnis tentunya perlu menjalin komunikasi yang baik tidak hanya ketika pelanggan membeli produk tetapi juga ketika terdapat kendala dalam bisnis. Misalnya, ketika pengiriman pelanggan akan telat karena satu dan lain hal. Hal-hal tersebut harus di komunikasikan terhadap pelanggan agar tidak terjadi kesalah pahaman.

  1. Menggunakan marketplace

Dengan menggunakan marketplace dapat mempermudah pengelola bisnis karena sudah disediakan platform untuk membuat toko online. Dengan begitu pelanggan pun tidak khawatir akan penipuan saat berbelanja online, karena seperti yang kita ketahui bahwa di marketplace memiliki pihak ketiga yang menjamin kepercayaan antara penjual dan pembeli.

  1. Siapkan media untuk transaksi digital

Media digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi bermacam-macam seperti transfer antar bank, virtual account, atau bahkan dompey digital seperti ovo,gopay,dana,dll.

  1. Tidak melakukan pemasaran secara terus menerus

Melakukan pemasaran memang sangat di anjurkan, akan tetapi jika teman-teman terlalu terobsesidengan pemasaran produk di masa pandemi tentunya tidak baik. Seperti yang kita ketahu di masa pandemi beberapa orang memiliki kesulitan ekonomi dan jika melakukan pemasaran secara terus menerus nantinya tidak akan menarik pembeli.

  1. Selalu perhatikan citra produk yang dijual

Ketika teman-teman berhasil melakukan strategi digital marketing yang tentunya akan memiliki pelanggan baru, teman-teman juga perlu memastikan produk yang akan di berikan berkualitas baik dan juga menerapkan metode pengepakan yang baik. Harap jangan sampai salah dalam memilih produk atau kemasan yang akan di berikan kepada pelanggan.

References

PUTRI AFI SYAHRANI - KOMISI 3 - B2024